Gibran Ajak Para Kiai Kawal Dana Abadi Pesantren untuk Generasi Emas

Jumat 24-11-2023,16:07 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Elsa Fifajanti

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden nomor urut 2, meminta para kyai mengawal Dana Abadi Pesantren. Program ini merupakan program utama yang akan diusung Gibran dan bakal calon presiden Prabowo Subianto untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

 

Dana abadi pesantren berasal dari mandat Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren.

Gibran menyampaikan permintaannya itu usai menunaikan Sholat Jumat di Masjid Raya KH Abdul Halim, Pondok Pesantren (Ponpes) Amanatul Ummah, Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jum'at (24/11/2023).

“Dana abadi pesantren. Sekarang sudah ada undang-undangnya, Pak Kiai bisa mengawal agar program ini bisa terealisasi,” ungkapnya.

Gibran juga menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk mempersiapkan santri di era revolusi industri 5.0. Ia mengharapkan para santri menggunakan alat teknologi, digitalisasi, marketing online sehingga semua bisa menjawab tantangan zaman. Beberapa ponpes, santri diarahkan untuk menjadi petani dengan menfaatkan teknologi AI, mengikuti perkembangan jaman.

“Untuk menuju Indonesia Emas, kita harus menyiapkan generasi emasnya. Ngaji sregep, nurut kiai. Dua itu saja yang penting,” tuturnya kepada santri.

Dana abadi pesantren merupakan dana disediakan pemerintah untuk mendukung penyelenggaraan pesantren. Dana ini dapat digunakan untuk membiayai kegiatan pendidikan, pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembangunan sarana dan prasarana, serta pemberdayaan masyarakat. Dana ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian pesantren di Indonesia.

Sebelumnya lawatan perdana Gibran tersebut dalam rangka menghadiri silaturahmi dan dialog kebangsaan di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. (*)

Kategori :