Proyek Pemasangan Palang Pintu di Perlintasan KA Blooto Mojokerto Masuki Tahap Realisasi

Rabu 13-03-2024,09:57 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Eno

 Target Operasional Sebelum Lebaran 2024

Mojokerto, mojokerto.disway.id Proyek pemasangan palang pintu perlintasan sebidang kereta api (KA) di Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto telah memasuki tahap realisasi. 

Perangkat pengamanan lalu lintas ini ditargetkan dapat beroperasi sebelum masa angkutan Hari Raya Lebaran 2024.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto, Imam Safi’I menjelaskan, pemasangan palang pintu di perlintasan KA Blooto telah dimulai. 

Saat ini, pekerjaan awal difokuskan pada bagian fondasi. Kesepakatan bersama antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pemerintah Kota Mojokerto, dan Satlantas Polres Mojokerto Kota menjadi dasar pelaksanaan proyek ini.


Proyek pemasangan palang pintu perlintasan KA Blooto memasuki pemasangan fondasi.-Fio Atmaja-

“Setelah titik fondasi untuk palang pintu disepakati, kami mulai melaksanakan pekerjaan pada minggu kedua Maret ini,” jelasnya, Rabu (13/3/2024).

Proyek ini dinaungi oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjenka) Kemenhub dan diestimasi akan selesai menjelang akhir Maret. Palang pintu ditargetkan beroperasi sebelum masa angkutan Lebaran, tepatnya pada H-10 Idul Fitri 2024. “Insyaallah, palang pintu akan beroperasi sebelum Lebaran,” tambahnya.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga penjaga palang pintu, Dishub Kota Mojokerto telah mengirimkan 2 personel yang telah mengikuti pelatihan di Madiun. 

“Selain itu, nantinya 2 tenaga itu akan dilatih dan didampingi lagi oleh petugas Kereta Api Indonesia (KAI),” tukasnya.

Selain pemasangan palang pintu, Pemkot Mojokerto juga akan melakukan pelebaran jalan pada akses perlintasan sebidang. Saat ini, lebar jalan yang ada hanya sekitar 3,6 meter, dan rencananya akan diperluas menjadi 6 meter agar dapat berfungsi sebagai dua jalur. (*)

Kategori :