Mudik Gratis Lebaran Buka 3 Rute, Tahun Depan Target Tambah Rute

Senin 29-04-2024,05:56 WIB
Reporter : Indra GM
Editor : Andung

Jember, Mojokerto.disway.id – Pemkab Jember memberikan program mudik gratis bagi warga Jember. Melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, mudik gratis kali ini dilaksanakan dengan rute Jember – Madura, dan Jakarta – Jember.

Sekretaris Daerah Pemkab Jember, Hadi Sasmito, mengatakan, program mudik gratis memang dipersembahkan kepada warga Jember yang hendak merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 di kampung halaman. Disebutkan, lebaran kali ini program mudik gratis dilaksanakan untuk rute Jember – Madura, Madura – Jember, dan Jakarta – Jember.

Didampingi Kadishub Pemkab Jember, Agus Wijaya, Sekda melepas keberangkatan para pemudik di depan Kantor Pemkab Jember. Hadi Sasmito yang mewakili Bupati Jember, berharap tahun depan akan ada tambahan rute yang disediakan.

‘’Kami mempunyai program menambah rute lagi tahun depan menjadi lebih banyak lagi. Rencana ada tambahan rute Jember -  Denpasar. Karena ada banyak warga Jember yang bekerja di Denpasar,’’ katanya, Sabtu, 6/4/24.


Menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 H Pemkab Jember menyediakan tiga bus untuk mudik gratis bagi warga Jember. -Diskominfo Kabupaten Jember for Disway Mojokerto-

Ditambahkan, penambahan rute tersebut sudah menjadi catatan. ‘’Semoga kami bisa menyiapkan yang lebih besar dan lebih lagi,’’ tambah Hadi.

Hadi juga menyebutkan, program mudik gratis juga membutuhkan keterlibatan banyak pihak. Kolaborasi dengan berbagai stakeholder juga sangat diperlukan agar program mudik gratis bisa makin lancer. ‘’Salah satu stakeholder, misalnya dengan kepolisian. Polres Jember juga turut andil membantu dalam program mudik gratis tahun ini. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Polres Jember,’’ tuturnya.

Tahun ini ada 3 armada bus yang diturunkan untuk melayani rute yang disediakan. 2 bus dari Dishub Kabupaten Jember dan 1 bus dari Polres Jember. Hadi Sasmito menyampaikan terimakasih atas kolaborasi yang terjalin.

‘’Sehingga program mudik gratis ini bisa dimaksimalkan untuk memberikan layananan pada masyarakat. Sehingga para pemudik bisa berkumpul dengan kelkuarga di kampung halaman masing-masing,’’ sahutnya.

Mudik gratis disambut baik warga dan dirasakan sangat membantu. Seperti yang disampaikan Wasilah, asal Wirolegi yang akan mudik ke Madura. Ia mengaku, program mudik ini tahun ke-2 yang diikuti. ‘’Sangat nyaman, menyenangkan. Saya berharap program ini kedepannya akan tetap ada,’’ katanya. (*)

Kategori :