Kemendag RI Beri Motivasi di Dua Sekolah Mojokerto, Tegaskan SDM Unggul Kunci Kemajuan Ekonomi Indonesia

Selasa 20-08-2024,17:25 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Elsa Fifajanti

Mojokerto, diswaymojokerto.id - Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan menegaskan, Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul merupakan kunci utama dalam mendorong kemajuan ekonomi Indonesia. 

Hal ini disampaikan Mendag saat memberikan motivasi kepada lebih dari 2.000 siswa dalam kunjungannya di dua sekolah di Mojokerto, yakni SMK Mutia Ngoro dan SMAN 1 Puri Mojokerto, pada Selasa (20/8/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Mendag Zulkifli Hasan membuka bursa kerja di SMK Mutia Ngoro dan memberikan sosialisasi kecintaan produk dalam negeri di SMAN 1 Puri. 


Menteri Zulkifli di depan siswa-siswi SMA menyampaikan agar mencimtai produk dalam negeri-Foto : Fio Atmaja-

"Keberadaan SDM cerdas sekaligus nasionalis berperan dalam memajukan perekonomian Indonesia melalui dua hal,  yaitu pilihan mereka mendahulukan produk lokal dalam transaksi jual-beli sehari-hari, serta melalui pengembangan lapangan kerja dalam negeri melalui keterlibatan mereka," terangnya. 

Jika memanfaatkan akses informasi dengan kritis untuk memantau perkembangan zaman, pastilah lebih mudah memahami terobosan apa yang sedang dibutuhkan. 

"Bayangkan jika perekonomian di berbagai sektor diisi oleh anak muda yang cerdas dan kritis seperti kalian, maka pasti banyak inovasi yang bisa diterapkan,” jelasnya. 

Menurutnya, generasi muda adalah ujung tombak terciptanya inovasi yang bermanfaat dan berdampak pada kemajuan bangsa. 


Kemendag RI Beri Motivasi di Dua Sekolah Mojokerto, Tegaskan SDM Unggul Kunci Kemajuan Ekonomi Indonesia-Foto : Fio Atmaja-

"Di tengah tren menurunnya usia produktif di banyak negara, Indonesia justru mengalami bonus demografi, dengan sekitar 70 persen penduduknya berada pada usia produktif, termasuk para siswa," katanya. 

Ia juga menekankan pentingnya kerja sama lintas bidang untuk mengoptimalkan potensi generasi muda agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. 

"Kami harus bekerja sama untuk menjembatani para siswa dengan dunia kerja serta menghadirkan ruang bagi mereka untuk mengembangkan potensi diri secara maksimal," tegasnya.

Menteri perdagangan Zulkifli mengapresiasi SMK Mutia Ngoro dan SMAN 1 Puri atas upaya mereka dalam memberikan pendidikan berkualitas, yang mampu membentuk pola pikir kritis dan nasionalis pada siswa. 

"Membangun kecintaan terhadap produk dalam negeri dan menciptakan ekosistem ekonomi yang inklusif dan berdaya saing melalui talenta muda yang cerdas dan kompeten sangat penting," ujarnya. 


Siswa-siswi SMA Negeri 1 Puri Mojokerto mendengarkan motivasi yang diberikan Mendag Zulkifli Hasan-Foto : Fio Atmaja-

Kategori :