Kedai Tanah Senja di Wonosalam Jombang, Suguhkan Keindahan Alam dengan Konsep Ramah Lingkungan

Minggu 15-10-2023,13:35 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Sujatmiko

JOMBANG, mojokerto.disway.id - Kecamatan Wonosalam, yang terletak di Pegunungan Anjasmaro, menawarkan berbagai tempat menarik untuk berlibur maupun sekedar menikmati keindahan alam Wonosalam.

Salah satu tempat patut dikunjungi Kedai Tanah Senja. Sebuah kedai terletak di tepi sungai Dusun/Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Tempat ini menjadi favorit anak muda milenial karena suasana asri dan sejuk yang ditawarkannya.

Kedai Tanah Senja memiliki konsep ramah lingkungan, salah satunya dengan menggunakan sedotan stainless dan tidak menyediakan layanan take away untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.

Selain itu, membuat tempat ini unik yakni, bangunannya berbentuk joglo klasik berlantai dua yang memberikan kesan asri dan nyaman.

Pengunjung dapat memilih antara konsep angkringan indoor atau teras-an. Selain itu, mereka juga dapat bersantai di halaman angkringan dengan menggunakan beanbag atau konsep outdoor.

Pengelola Kedai Tanah Senja, Afrianto Rahmawan  menjelaskan bahwa Tanah Senja memiliki makna damai dengan tujuan memberikan suasana damai kepada pengunjung.

"Konsep "cangkruk" yang nyaman dipadukan dengan gemercik aliran sungai sangat jernih membuat tempat ini lebih banyak dikunjungi kaum milenial, baik dari Wonosalam maupun Jombang kota," terangnya, Minggu (15/10/2023).

Menurutnya, untuk mengurangi sampah plastik pihaknya berkomitmen menjalankan kedai dengan konsep ramah lingkungan.

"Jadi seperti penggunaan sedotan stainless dan penolakan layanan take away bagian dari konsep kami untuk mengurangi sampah plastik, maupun dari sachet makanan," ucap Afrianto yang juga bergerak di bidang volunteer di salah satu LSM Lingkungan.

Menu ditawarkan sangat beragam. Mulai dari nasi goreng hingga bakmi, dan mereka terus melakukan evaluasi serta menjajaki pangsa pasar sesuai.

Kedepannya, mereka berencana untuk menyuguhkan lebih banyak variasi wedang-wedangan karena suasana di sini cenderung dingin. Harga makanan dan minuman di Tanah Senja berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu.

"Saya berharap bahwa Kedai Tanah Senja dapat menjadi tempat berkumpul bagi berbagai komunitas yang ada di Jombang untuk berbagai kegiatan, baik itu sekadar cangkruk, dan juga menjadi pusat berkumpulnya anak muda penuh kreativitas," tambahnya.

Kedai Tanah Senja telah beroperasi sejak tanggal 25 Oktober 2020 tahun lalu. Kedai ini buka setiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB. Disarankan untuk datang pada sore hari atau malam hari agar bisa menikmati suasana senja atau malam sesuai dengan konsep angkringan yang dihadirkan.

Kategori :