Ikut Menjaga Kebersihan Lingkungan, Peringati Ulang Tahun Sekolah dengan Lomba Menghias Galon Bekas

Kamis 26-09-2024,20:03 WIB
Reporter : Elsa Fifajanti
Editor : Elsa Fifajanti

Mojokerto, diswaymojokerto.id – Dengan semangat ikut menjaga kebersihan lingkungan, Sekolah Taman Kanak-kanak Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) Kota Mojokerto mengadakan lomba menghias galon bekas minuman mineral menjadi pot bunga.

Kepala sekolah TK YWKA Kota Mojokerto Endah Purnamasari mengatakan, lomba yang digelar tersebut dalam rangkan HUT yang ke 55 TK YWKA Mojokerto.

‘’Lomba ini tidak hanya melibatkan anak-anak siswa kami, tapi juga orang tua wali murid, ‘’ kata Endah kepada Disway Mojokerto, Kamis 26 September 2024.

Selain berpartisipasi dalam menjaga lingkungan, juga mendorong para orang tua wali murid berkreasi memanfaatkan limbah agar tidak mencemari lingkungan.


Juri Lomba menghias galon bekas air mineral di TK YWKA Mojokerto-Foto : Elsa Fifajanti-

Bekas gallon air mineral tersebut dihias dengan aneka warna dan dibentuk menjadi aneka macam pot, yang indah.

Jumlah peserta lomba sebanyak murid yang tengah bersekolah di TK YWKA Kota Mojokerto, 40 peserta. ‘’Namun ada beberapa yang tidak mengikuti lomba menghias galon ini, karena berhalangan, sakit dan keperluan keluarga, pesertanya tidak lengkap 40 namun sekitar 32 peserta,’’ ungkap Endah.

BACA JUGA:Pelaku Pembunuhan Wanita di Hutan Pacet Mojokerto Ditangkap di Riau

BACA JUGA:Modus Membelikan HP Baru, Ayah di Mojokerto Ditangkap Polisi atas Kasus Setubuhi Anak Tirinya

Peserta dibagi menjadi dua grup, dari kelompok A dan kelompok B.

‘’Kita meminta pihak eksternal untuk melakukan penilaian. Sehingga benar-benar objektif. Karena kalau guru-guru sendiri yang menilai, aka nada kesan pilih kasih dan sebagainya,’’tutur Endah sembari tersenyum.


Siswa-siswi TK YWKA Mojokerto bersama ibu guru dan jajaran wali murid-Foto : Elsa Fifajanti-

Peserta bebas mau menghias, mewarna dan membentuk apapun galon bekas minuman mineral tersebut.

‘’Kita beri kebebasan peserta untuk berkreasi dan mengerjakannya di rumah masing-masing. Hasilnya dibawa ke sekolah hari ini,’’ tutur Endah.

Salah seorang juri, yang merupakan Ketua Persatuan Istri  Karyawan dan Karyawati Kereta Api (PIKKA) Mojokerto, Yeti mengatakan, semua peserta sangat kreatif. Pot dari galon bekas air mineral menjadi sedap dipandang dan indah.


Salah pot bunga hasil kreativitas orang tua wali murid TK YWKA Mojokerto -Foto : Elsa Fifajanti-

‘’Juri agak kebingungan memberi nilai, karena semuanya kreatif dan indah. Namun tetap harus dipilih yang terbaik dari yang paling baik. Kita memilih tiga terbaik dari kelompok A, dan tiga terbaik dari kelompok B,’’ kata Yeti.

Pot dari galon bekas air mineral tersebut, akan ditempatkan di lingkungan sekolah untuk ditanami berbagai macam bunga, yang akan membuat lingkungan sekolah menjadi asri dan indah.

 

Kategori :