Dua Maskot Pilkada 2024 Sapa Pemilih Pemula di Mojokerto

Kamis 03-10-2024,15:05 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Elsa Fifajanti

Mojokerto, diswaymojokerto.id - Setelah serah terima maskot dari KPU Jombang, maskot "Si Jali" (Jatim Memilih) untuk Pilgub Jatim, dan "Sigalih" (Si Warga Memilih) untuk Pilbup Mojokerto menyapa pemilih pemula di MAN 2 Mojokerto terletak di Sooko, Mojokerto. Ratusan pemilih pemula menjadi peserta sosialisasi

Dua maskot tersebut diarak dari kantor KPU Kabupaten Mojokerto menuju MAN 2 Mojokerto. Di belakang sejumlah anggota Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan menggunakan kendaraan roda dua turut mengawal.

Wakil Kepala MAN 2 Mojokerto, Ilmi Firdaus Aliyah mengucapkan terima kasih kepada KPU Kabupaten Mojokerto yang sudah memberikan sosialisasi di MAN 2 Mojokerto. 

BACA JUGA:Mengintip Besaran Dana Awal Kampanye Kontestan Pilbup Mojokerto

BACA JUGA:Muhammad Habibur Rochman Resmi Dilantik sebagai Anggota DPR RI, Siap Kawal Aspirasi Masyarakat

"Tanggal 27 November akan digelar pilkada jadi jangan disia-siakan kesempatan ini, kalian akan mendapatkan edukasi dari KPU Kabupaten Mojokerto," ucapnya, Kamis, 3 Oktober 2024. 

Ilmi mengajak para siswa kelas 12 merupakan pemilih pemula tersebut untuk menyimak dan memahami sosialisasi disampaikan penyelenggara pemilu tersebut. Tidak semua sekolah dan pemilih pemula mendapatkan kesempatan menerima sosialisasi dari KPU Kabupaten Mojokerto. 

"Anak-anak kami ada 1.500 siswa dengan 44 kelas, untuk kelas 12 ini jumlahnya ada 500 siswa dengan 15 kelas. Ini merupakan aset negara sehingga diharapkan untuk tidak golput alias tidak memilih," katanya.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi Pendidikan, Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM), KPU Kabupaten Mojokerto, Muslim Bukhori menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kirab maskot. 

"Selama dua hari akan berkeliling beberapa kecamatan di Kabupaten Mojokerto, diantaranya di Kecamatan Sooko, Puri, Dlanggu, dan sekitarnya," jelasnya. 

Selain mengkirabkan maskot, ia juga melakukan sosialisasi tatap muka dengan segmen pemilih pemula. Yakni di MAN 2 Sooko Mojokerto, MA di salah satu kecamatan Puri dan SMKN 1 Dlanggu. "Lembaga pendidikan adalah gudangnya pemilih pemula," tambahnya. 


Divisi Sosialisasi Pendidikan, Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM), KPU Kabupaten Mojokerto, Muslim Bukhori saat menyapa pemilih pemula di MAN 2 Mojokerto-Foto : Fio Atmaja-

Pemilih pemula di Kabupaten Mojokerto cukup banyak sehingga pemilih pemula menjadi sasaran sosialisasi KPU Kabupaten Mojokerto. 

Ada empat hal disampaikan kepada para pemilih pemula yakni menghindari money politic, menghindari isu sara, tidak boleh melakukan ujaran kebencian dan tidak ikut serta menyebarkan berita hoax. 

Sebelumnya, KPU Kabupaten Mojokerto menggelar kirab maskot Pilkada Serentak 2024 di Lapangan Paseban Agung, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Rabu, 2 Oktober 2024.

Kategori :