Mewarnai Batik Terpanjang dengan Peserta Terbanyak di Kota Mojokerto Sukses Pecahkan Rekor Muri

Selasa 15-10-2024,22:43 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Elsa Fifajanti

Mojokerto, Diswaymojokerto.id - Pemerintah Kota Mojokerto sukses memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam mewarnai batik terpanjang dengan peserta terbanyak pada Selasa, 15 Oktober 2024. 

Dalam acara tersebut, panjang 5.053 meter kain batik dibentangkan di Jalan Hayam Wuruk - Jalan Mayjend Sungkono dengan diikuti 10.106 peserta. Selain pemecahan rekor Muri, kegiatan ini juga bagian dari HUT Ke-79 Provinsi Jawa Timur. 

Piagam beserta medali Muri diserahkan langsung oleh Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno kepada Pj Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro dan disaksikan Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono.


Kemenparekraf, Sandiaga Uno saat melihat proses mewarnai batik.-Foto : Fio Atmaja-

Kemenparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, kegiatan ini dapat membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan. Hal itu dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi Kota Mojokerto untuk lebih baik lagi.

“Kegiatan ini adalah bagian dari upaya memperkuat ekonomi bangsa dan ekonomi kreatif yang menjadi lokomotif untuk membawa indonesia lebih maju,” ucapnya. 

BACA JUGA:Menparekraf Sandiaga Uno: Produk Kreatif Kota Mojokerto Berpeluang Besar Bersaing ke Panggung Nasional

BACA JUGA:Palang Pintu Perlintasan Kereta Api Damarsi Mojokerto Resmi Beroperasi

Sementara itu, Pj Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro mengungkapkan, dalam acara ini tercatat sebanyak 10.106 peserta ikut mewarnai kain yang dibentangkan sepanjang 5.053 meter. 

"Ini adalah pencapaian luar biasa dan menjadi bagian dari penggerak perekonomian di Kota Mojokerto,” ungkapnya


Deretan peserta yang antusias mengikuti even mewarnai batik pecahkan rekor Muri-Foto : Elsa Fifajanti-

Selain pemecahan rekor Muri, acara ini juga meluncurkan kawasan kuliner halal di Sky Walk Alun-alun Kota Mojokerto, serta Rumah Potong Hewan (RPH) dan Rumah Potong Unggas (RPU) bersertifikasi halal. Di samping itu, diluncurkan pula aplikasi marketplace Mojo Sadean.

“Dari kegiatan ini, kami berharap ada dampak yang berkelanjutan. Kami ingin merawat tradisi luhur dan memperkuatnya dengan sentuhan kreasi dan inovasi,” tambahnya. 


Piagam dan medali pemecahan rekor dari Muri diterima mas PJ Wali Kota Mojokerto M Ali Kuncoro dan Sekda Kota Gaguk Tri Prasetyo-Foto : Elsa Fifajanti-

Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono juga memuji keberhasilan Pemkot Mojokerto untuk memecahkan rekor Muri membatik terpanjang dengan jumlah peserta terbanyak

Kategori :