Maksimalkan Pemilih Pemula di Pemilu 2024, Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto Bikin Kegiatan Ini

Rabu 06-09-2023,09:02 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Sujatmiko

Mojokerto, mojokerto.disway.id -

Maksimalkan partisipasi aktif para pemilih pemula pada Pemilu 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Mojokerto tak tinggal diam. Mereka mengejar target perekaman para pemilih pemula, khususnya para pelajar.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto Amat Susilo mengatakan, Dispendukcapil melakukan kegiatan jemput bola dalam rangka perekaman keliling.

“Calon pemilih yang saat ini masih usia 16 tahun, tetapi nantinya saat hari pemilihan berusia 17 tahun, menjadi sasaran khusus bagi Dispendukcapill Kabupaten Mojokerto,” ucapnya, Rabu (6/9/2023).

Amat menjelaskan, 1139457 jumlah penduduk Kabupaten Mojokerto, dengan jumlah wajib KTP 866537 dan ditarget perekaman pemilih pemula sampai akhir tahun ini

“Sudah kami lakukan perekaman 861406 atau sekitar 99,41 persen yang terekam,” terangnya.

Data tersebut merupakan data perekaman E-KTP. Sedangkan yang belum rekaman tersisa 5107.

"Saat ini kami  fokuskan pada sekolah – sekolah, sedangkan untuk di luar sekolah sudah selesai awal maret sampai akhir agustus lalu,” imbuhnya.

Amat menambahkan, ada 4 jenis perekaman dilakukan yaitu dengan foto, cek iris mata, sidik jari dan tanda tangan.

Sistem perekaman ini bukan hanya menyasar kepada anak sekolah, melainkan juga pada panti sosial, penduduk yang sakit, dan beberapa tempat lainnya.

"Minggu ini kita akan lanjut keliling sekolah lagi, karena masih banyak yang belum rekam, baik di sekolah swasta maupun negeri," tandasnya.

Kategori :