Semangat Berapi-api, Maskot Condromowo Mewakili Kota Mojokerto di Porprov VIII Jatim

Kamis 07-09-2023,23:57 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Sujatmiko



MOJOKERTO, mojokerto.disway.id - Maskot Kucing Condromowo menjadi maskot Kota Mojokerto di ajang Porprov Jatim VIII 2023.

Kucing Condromowo merupakan kucing dengan bulu yang memiliki tiga warna atau biasa dikenal orang Jawa kucing belang telon. Orang Jawa kemudian menamai Condromowo pada kucing belang telon ini

Maskot ini memiliki sejarah historis bagi Kota Mojokerto, dimana nama Condromowo juga pernah dipergunakan sebagai nama Batalion pejuang pada masa kemerdekaan di Mojokerto.

Dalam catatan sejarah, Mayor Moenasir membentuk kesatuan setingkat batalyon bernomor registrasi Bn. 42 dengan nama Batalyon Condromowo. Bn. 42 Condromowo terlibat dalam banyak pertempuran, termasuk pertempuran besar di wilayah Mojokerto selatan.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan, maskot kucing dengan bulu tiga berwarna belang telon ini diberi nama Condromowo, yang memiliki arti cahaya dan bara api, atau sering disebut dengan sebutan Cak Condro.

"Hal ini sangat melambangkan semangat perjuangan, mirip dengan bara api yang ada di tengah pendopo Sabha Mandala Tama ini, yang akan terus memancarkan semangat dan motivasi kepada seluruh atlet Kota Mojokerto untuk berkompetisi dan berjuang meraih kemenangan di Porprov VIII 2023," ucap Ning Ita saat mengenalkan maskot Kota Mojokerto diajang Porprov Jatim VIII di Pendopo Sabha Mandala Tama, Balai KotaMojokerto, Kamis (7/9/2023).

Sebelumnya, Kota Mojokerto terpilih menjadi salah satu tuan rumah untuk Porprov VIII 2023. Di Kota Mojokerto, terdapat 10 cabang olahraga yang akan diselenggarakan, yaitu biliar, e-sport, petanque, sepak takraw, gate ball, dance sport, wushu, kurash, jujitsu, dan muaythai.

Kategori :