HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Masyarakat Mojokerto diminta Mewaspadai Ular Masuk Rumah Selama Peralihan Musim

Masyarakat Mojokerto diminta Mewaspadai Ular Masuk Rumah Selama Peralihan Musim

Tim damkar BPBD Kabupaten Mojokerto saat evakuasi ular piton minggu lalu-Dok. BPBD kabupaten Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto mengeluarkan imbauan kepada masyarakat selama peralihan musim.

Kalaksa BPBD Kabupaten Mojokerto, Yo'i Afrida Soesetyo Djati, mengatakan bahwa peralihan musim dari kemarau ke penghujan memunculkan potensi peningkatan kehadiran satwa liar, terutama ular, di lingkungan manusia.

"Saat peralihan musim panas ke huja seperti ini, biasanya kami sering mendapatkan laporan dari warga mengenai keberadaan satwa liar seperti kobra, sanca, dan piton," ucapnya, Minggu (26/11/2023).

Keberadaan ular tersebut juga bervariasi ada yang berukuran kecil hingga sedang.“Iklim peralihan musim seperti sekarang ini membuat ular-ular tersebut mencari tempat yang lebih hangat,” tambahnya.

Pihaknya mengingatkan agar selalu waspada dan berhati-hati saat musim hujan.“Masyarakat diminta untuk rutin memeriksa saluran air di rumah masing-masing, karena kebanyakan ular memasuki permukiman melalui jalur tersebut,” jelasnya.

Ia mendorong kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya, saat ini yang merupakan masa peralihan musim, sehingga ular tidak mendapati lingkungan yang mengundang mereka untuk masuk ke dalam rumah. (*)

Sumber:

b