PLUT Maja Citra Kinarya Kota Mojokerto Diresmikan

PLUT Maja Citra Kinarya Kota Mojokerto  Diresmikan

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Deputi Usaha Mikro Kemenkopukm RI, Yulius dan Kepala Dinas Kopukm, Andromeda Qomariah meresmikan PLUT Maja Citra Kinarya, Sabtu (9/12/2023)-Fio Atmaj-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Wali kota Mojokerto, Ika Puspitasari bersama Deputi Usaha Mikro Kemenkopukm RI, Yulius dan Kepala Dinas Kopukm, Andromeda Qomariah resmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Maja Citra Kinarya, Sabtu (9/12/2023).

"Tentunya saya sangat bersyukur, bahwa di pengujung 2023 kami bisa bersama-sama meresmikan PLUT Kota Mojokerto kami beri nama Maja Citra Kinarya," kata Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

UMKM dan IKM Kota Mojokerto mendominasi dalam menyumbang PDRB Kota Mojokerto sehingga perlu difasilitasi oleh pemerintah.

"Kami sadar betul bahwa potensi dari UMKM dan IKM Kota Mojokerto begitu mendominasi dalam menyumbang PDRB," katanya.

Menurutnya, kehadiran pemerintah sangat perlu karena untuk terus memberikan fasilitasi, dukungan dalam rangka menguatkan peran mereka semua. 

"Kehadiran UMKM dan IKM di Kota Mojokerto inilah yang menguatkan dari sektor ekonomi, dari sektor pengurangan pengangguran terbuka. Dan kami juga lebih cepat bangkit dari dampak pandemi covid karena kehadiran UMKM dan IKM," bebernya.


Penandatanganan prasasti PLUT oleh Wali Kota Mojokerto dan Deputi Usaha Mikro Kemenkop RI-Foto : dok. DisKominfo kota Mojokerto-

Sementara itu Yulius menuturkan bahwa PLUT Maja Citra Kinarya telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas diinginkan dalam PLUT. Misalnya inkubasi, pemasaran produk dan kerja sama dengan perusahaan. Bukan hanya itu, ia menekankan dalam PLUT terpenting bukanlah peresmiannya namun kelanjutan dari manfaat PLUT tersebut.

"Ketika saya datang ke sini, fasilitas-fasilitas diinginkan dalam PLUT sudah ada, biasanya peresmian itu bagus, tapi kelanjutannya paling penting," tuturnya.

Adanya PLUT di Kota Mojokerto akan mempercepat dan menguatkan UMKM di Jawa Timur dan PLUT Maja Citra Kinarya merupakan PLUT keenam di Jawa Timur setelah Malang, Pacitan, Tulungagung, Jember, Trenggalek.

"Dengan adanya PLUT ini, maka kami tahu bahwa melakukan pendampingan merupakan mereka yang mempunyai kompetensi sesuai bidangnya. Jadi inilah akan menguatkan UMKM bisa berkompetisi," tambahnya.

Selain meresmikan PLUT, dalam kesempatan tersebut Wali Kota Mojokerto bersama Deputi Usaha Mikro Kemenkopukm RI, dan Kepala Dinas Kopukm Provinsi Jatim juga meresmikan Sentra IKM secara virtual. 

Dalam kegiatan tersebut juga menyerahkan penghargaan kepada lulusan inkubasi wirausaha serta Young Enterpreneurship Award serta penyerahan CSR angkutan. (*)

Sumber:

b