Jelang Nataru, Stok Darah PMI Kota Mojokerto Aman

Jelang Nataru, Stok Darah PMI Kota Mojokerto Aman

PMI Kota Mojokerto saat melakukan kegiatan donor darah di luar kantor PMI. (Foto : Fio Atmaja)-Foto : Fio Atmaja-

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), ketersediaan stok kantong darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Mojokerto, dinyatakan aman. Hingga kini terdapat ribuan kantong darah siap pakai di PMI.

 

Humas PMI Kota Mojokerto, Dimas Hariadi memastikan stok persediaan darah memasuki libur Nataru tidak ada masalah atau aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan darah.

“Selama beberapa hari ke depan untuk stok darah masih aman,” ucapnya kepada Disway Mojokerto, Jum’at (22/12/2023). 

Dimas menjelaskan  hingga kini total stok darah sebanyak 837 kantong. Jumlah tersebut terdiri dari semua golongan darah, seperti golongan A, B, O, dan juga AB.

“Tentunya untuk menambah pasokan darah, kami melakukan berbagai upaya. Salah satunya juga dengan melakukan jemput bola pada calon pendonor. Misalnya jemput bola di instansi pemerintah, sekolah, rumah ibadah, dan tempat umum lainnya,” terangnya.

Selain itu, PMI Kota Mojokerto juga menyiapkan ketersediaan ambulan untuk persiapan Nataru. PMI Kota Mojokerto menyiapkan 5 unit ambulance dengan berbeda fungsi. 2 ambulan untuk persiapan kegiatan unit donor darah, 2 ambulan untuk persiapan laka lantas dan kegawatdaruratan  medis, dan 1 ambulan jenazah.

Meski saat ini persediaan darah di PMI Kota Mojokerto terbilang aman, tetapi masyarakat juga diharapkan tetap melakukan donor darah. Apalagi bagi masyarakat sudah rutin melaksanakan donor untuk dapat berdonor sesuai jadwal. (*)

Sumber:

b