HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Libur Nataru, Disbudporapar Mojokerto Targetkan 42.287 Wisatawan

Libur Nataru, Disbudporapar Mojokerto Targetkan 42.287 Wisatawan

Favorit pengunjung, wisata air panas padusan masih tujuan utama wisatawan-Fio Atmaja-

Mojokerto, mojokerto.disway.id  - Libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2023 menjadi momen ditunggu-tunggu banyak wisatawan. Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto menargetkan kunjungan wisatawan mampu tembus 42.287 orang. Angka itu tersebar di 11 destinasi wisata yang dikelola Disbudporapar.

Fungsional Pariwisata dan ekonomi kreatif Sub koordinator Daya Tarik Destinasi Wisata Disbudporapar Kabupaten Mojokerto, Mega Suciati, mengatakan bahwa kunjungan wisatawan di berbagai daerah dipastikan akan meningkat saat libur panjang Nataru. 

Termasuk di Kabupaten Mojokerto terkenal dengan kawasan wisata. Seperti di  Kecamatan Trawas dan Pacet memiliki pesona alam menarik. Sedangkan Kecamatan Trowulan memiliki situs peninggalan sejarah yang berharga.

"Kami sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut wisatawan yang datang ke Kabupaten Mojokerto. Kami sudah menetapkan target kunjungan wisatawan berdasarkan evaluasi tahun lalu dan pertimbangan berbagai faktor. Harapannya target ini bisa tercapai atau bahkan melebihi harapan," ujarnya, Rabu (27/12/2023).

Mega menjelaskan bahwa target kunjungan wisatawan naik dua persen dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu, realisasi kunjungan wisatawan sebanyak 41.657 orang. Tahun ini, targetnya sebanyak 42.287 orang. Target ini dibagi menjadi dua periode, yaitu libur Natal dan libur tahun baru.

"Untuk libur Natal, terhitung 23-26 Desember 2023, kami targetkan kunjungan wisatawan sebanyak 21.846 orang. Sedangkan libur tahun baru, terhitung 30 Desember 2023 - 1 Januari 2024, kami targetkan kunjungan wisatawan sebanyak 20.441 orang. Jadi, totalnya ada potensi kenaikan 2 persen dari tahun lalu," katanya.

Mega menambahkan bahwa target kunjungan wisatawan tersebar di 11 destinasi wisata yang dikelola Disbudporapar. Meliputi, Wana Wisata, Air Terjun Dlundung, Jolotundo, Coban Canggu, Troloyo, Museum, Kolam Air Panas, Candi Brahu, Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, dan Ubalan. Destinasi wisata ini memiliki daya tarik masing-masing dan siap menyuguhkan pengalaman yang berkesan bagi wisatawan. (*)

 

"Kami juga berharap kunjungan wisatawan ini bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Apalagi realisasi capaian PAD 2023 masih di angka Rp 7,2 miliar dari ditargetkan sebesar Rp 13,1 miliar. Kami optimis bahwa libur Nataru ini bisa menjadi momentum untuk mendulang pundi-pundi PAD di pengujung tahun," mbuhnya.

Sumber:

b