Bus Trans Jatim Telah Terintegrasi dengan Suroboyo Bus dan Trans Semanggi

 Bus Trans Jatim Telah Terintegrasi dengan Suroboyo Bus dan Trans Semanggi

Armada bus Trans Jatim telah teringrasi dengan layanan transportasi publik Surabaya seperti Suroboyo Bus, Wira Wiri dan Trans Semanggi Suroboyo-Foto : Kominfo Jatim-

Surabaya, Mojokerto.disway.id - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur menyatakan, Bus Trans Jatim kini sudah terintegrasi dengan layanan transportasi publik Surabaya seperti Suroboyo Bus, Wira Wiri dan Trans Semanggi Suroboyo.

Semua transportasi publik tersebut kini sudah bisa diakses dalam satu aplikasi Trans Jatim Ajaib.

Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Nyono dikonfirmasi, Jumat (23/2/2024) menyampaikan sudah bisa diakses. Hanya saja menurutnya untuk tarif masih dalam tahap pembahasan nett-nya.

"Kami sudah mengundang 3 kali Pemkot Surabaya melalui Dishub dan BUMD, sudah mengerucut finansial tarifnya," katanya.

Artinya, lanjut Nyono, kalau penumpang Suroboyo Bus masuk ke Trans Jatim maka tarifnya dikalikan 0,5 persen. "Akan tetapi kalau dari Trans Jatim ke Suroboyo Bus, mereka atau Suroboyo Bus dapat 0,5 persen dan Trans Jatim dapat 1 persen," paparnya.

Sebagaimana diketahui, sejauh ini Pemerintah Provinsi Jatim telah merealisasikan bus trans Jatim pada 3 koridor.

Masing-masing koridor 1 meliputi Sidoarjo – Surabaya – Gresik untuk menunjang aktivitas masyarakat utamanya mereka yang bekerja yang diresmikan Gubernur Khofifah pada 19 Agustus 2022.

Kemudian koridor 2 meliputi Mojokerto – Sidoarjo diresmikan pada tanggal 20 Agustus 2023 dengan misi membantu mengurangi emisi gas buang di Jawa Timur.

Sedangkan koridor 3 meliputi Mojokerto – Gresik diresmikan pada tanggal 18 Oktober 2023 dengan misi mengembangkan sekaligus memudahkan akses ke sektor pariwisata di Jawa Timur khususnya di wilayah yang dilintasi Koridor III.

Untuk jumlah bus di koridor 1 sampai 3 total sebanyak 70 armada. Koridor 1 sebanyak 30 armada sedangkan koridor 2 dan 3 masing-masing 20 armada bus.

Sementara itu sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Tundjung Iswandaru mengatakan tarif masih dalam pembahasan dan belum final.  Menurutnya pihaknya masih terus melakukan komunikasi dengan Dishub Jatim.

"Integrasi pembayaran sedang dibahas melalui raperda. Progresnya terus positif. Tinggal menunggu legalitasnya. Artinya, semua sudah sepakat. Muaranya setuju skema satu banding dua," terangnya.

Ia berharap skema integrasi ini dapat menarik penumpang lebih masif, sehingga masyarakat semakin tertarik naik angkutan umum.  

Selain itu skema tersebut bertujuan supaya memberi kemudahan pelayanan transportasi publik. Agar warga tak lagi mengandalkan kendaraan pribadi. Sekaligus akan menimbulkan efek jangka panjang yang positif.

"Bisa mengurangi kemacetan, menekan angka kecelakaan, menekan polusi, hingga mendongkrak sektor ekonomi. Intinya, pemerintah tidak berorientasi pada profit. Melainkan terus berupaya memberi kemudahan akses bagi masyarakat," pungkasnya. (*) 

 

Sumber:

b