Waspada Cuaca Ekstrem di Mojokerto pada 4- 10 Maret 2024

Waspada Cuaca Ekstrem di Mojokerto pada 4- 10 Maret 2024

Dilanda hujan dan angin, satu pohon jenis kesono tumbang di Bangsal Mojokerto, Senin (4/3/2024). -Dok. BPBD Kabupaten Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrem periode 4 - 10 Maret 2024.

"Potensi cuaca ekstrem tersebut berdasarkan pengamatan BMKG Juanda terjadi di Jawa Timur salah satunya di Kabupaten Mojokerto," ucap Kalaksa BPBD Kabupaten Mojokerto, Yo’ie Afrida Soesetyo Djati, Selasa (5/3/2024).

Pihaknya meminta masyarakat agar bisa melihat situasi alam,. misalnya saat hujan lebat dan terjadi angin agar tidak berteduh dibawah pohon atau tempat - tempat reklame.

"Imbauan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi potensi terjadinya pohon tumbang saat terjadi hujan maupun angin kencang," tuturnya.

Selain itu nantinya BPBD Kabupaten Mojokerto akan menyalurkan bantuan pompa penyedot air untuk 7 desa yang biasanya sering di landa banjir.

"Ini tadi kami mengumpulkan kepala desa yang nantinya desa tersebut mendapatkan bantuan pompa penyedot air. Bantuan tersebut rencananya akan diberikan Bupati Mojokerto," tandasnya.

Sebelumnya pada awal bulan Maret, sebuah pohon di jalur provinsi tepatnya di Jalan Raya Ngranggon, Desa Ngrowo, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto,  tumbang, Senin (4/3/2024) .

Akibat tumbangnya pohon jenis Kesono dengan diameter 60 centimeter ini menyebabkan kemacetan hingga 4 km.

Pohon tumbang terjadi sekira pukul 14.00 WIB disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang. Pohon yang kropos pada bagian akar tersebut menyebabkan pohon tumbang saat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. (*)

Sumber:

b