HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

H - 4 Lebaran, Pemudik Mulai Padati Jalur By Pass Mojokerto

H - 4 Lebaran, Pemudik Mulai Padati Jalur By Pass Mojokerto

Jalur By Pass Mojokerto saat malam hari mulai terpantau pada jalur bypass Mojokerto, Sabtu (6/4/24) malam-Fio Atmaja - Disway Mojokerto-

 

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Arus lalu lintas di jalur nasional  By Pass Mojokerto terpantau mulai mengalami peningkatan. Hal itu terjadi pada H - 4 Lebaran 2024. 

 

Arus lalu lintas di jalur nasional tersebut terpantau didominasi kendaraan roda dua. Terutama dari arah Surabaya mengarah ke Jombang.

 

‘’Arus lalu lintas mengalami peningkatan 3%, dan didominasi jumlah kendaraan roda dua,’’ kata Kanit Turjawali Polres Mojokerto, Ipda Rokad Galang, Sabtu (6/4/24).

 

Meskipun demikian, tambahnya, kondisi lalu lintas masih aman, dan kondusif. Di memperkirakan lonjakan arus lalu-lintas di Jalur By Pass mengalami peningkatan pada sore hari sampai hari H Lebaran. 

 

 

Hal itu lantaran dipengaruhi oleh faktor cuaca. Menurut Ipda Rokad Galang, titik rawan kemacetan di Jalur By Pass tepatnya di Simpang 5 Kenanten, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto.

 

Karena itu, pihaknya sudah menyiapkan langkah jika kendaraan terpantau tinggi. ‘’Kami akan melakukan contraflow, pembukaan satu lajur, one way,’’ sahutnya.

 

Kalau terjadi kepadatan tinggi dan diberlakukan contraflow, kendaraan dari arah Surabaya yang akan mengarah ke Jombang diperlakukan satu arah. ‘’Sementara untuk kendaraan dari Jombang ke Surabaya akan dimasukkan Kota Mojokerto,’’ katanya.

 

Dia menuturkan, di wilayah hukum Polres Mojokerto terdapat trouble spot.  Yakni di Simpang 5 Kenanten, Kecamatan Puri; dan jalur wisata Pacet - Trawas. 

 

Dua trouble spot tersebut diprediksi akan terjadi lonjakan pemudik sehingga Satlantas Polres Mojokerto akan memberlakukan buka tutup. ‘’Untuk masyarakat, apabila kami memberlakukan rekayasa lalu-lintas dalam penggunaan jalan, kami imbau masyarakat agar lebih berhati-hati," ujarnya.

 

Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat memperhatikan kecepatan, keselamatan diri, dan keselamatan pengguna jalan lain. ‘’Kami menyediakan dua pos pam dan pos pelayanan,’’ tuturnya.

 

Jika masyarakat lelah dalam penjalanan mudik maupun balik Lebaran 2024, di menyarankan beristirahat di rest area yang sudah disediakan tersebut. ‘’Jangan dipaksa meneruskan perjalanan kalau kondisi capek atau ngantuk, lebih baik istirahat,’’ tuturnya.

 

Masing - masing-masing pos tersebut berada di Simpang 5 Kenanten Kecamatan Puri dan Bunderan Taman Pacet. Sedang pos pengamanan ada di Simpang 3 Daplang, Kecamatan Trawas, dan Simpang 3 Taman, Kecamatan Mojosari. (*)

Sumber:

b