Program Bangga Kencana Antarkan Bupati Ikfina Terima Penghargaan MKK dari BKKBN RI

Program Bangga Kencana Antarkan Bupati Ikfina Terima Penghargaan MKK dari BKKBN RI

Bupati Ikfina Terima Penghargaan MKK dari BKKBN RI-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Pemerintah Kabupaten Mojokerto menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasiona (BKKBN ), apresiasi tersebut diterima Bupati Ikfina pada Jum'at (28/6/2024) di Semarang.

Manggala Karya Kencana, merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN, bagi sosok yang dinilai mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, serta penurunan angka stunting di Daerah. 

Manggala Karya Kencana merupakan tanda kehormatan dan tanda penghargaan Bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana sebagai bentuk apresiasi kepada para pemangku kepentingan dan mitra kerja atas komitmen yang diberikan dalam mendukung pelaksanaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Mojokerto," ungkap Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

BACA JUGA:42 Penyandang Disabilitas di Mojokerto Terima Bantuan Atensi

Menurut Bupati Ikfina, untuk mensukseskan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting ada beberapa indikator yang harus dicapai, yakni semua harus bekerja keras dan komitmen dalam penanganan stunting dan juga perlu banyak inovasi.

Inovasi tersebut berupa Intervensi gerakan serentak melalui pendampingan terhadap ibu, calon pengantin dan balita.

BACA JUGA:Sosialisasikan Program Gema Sahaja, Bupati Ikfina Ingatkan Pentingnya KB

Selain itu, juga ada Inovasi gelora cinta yaitu gerakan pola asuh orang tua cegah stunting dan anak balita yang ibu bupati secara langsung memberi edukasi secara langsung di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten mojokerto.

Program yang lain berupa Data KrisMojo, yakni data setiap pemeriksaan di posyandu yang merupakan  data untuk monitoring anak stunting.

Sedangkan untuk capaian program Bangga Kencana dengan optimalisasi kegiatan lintas sektor terkait dan mitra kerja yang terlibat dalam penggarapan program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

BACA JUGA:Kampung KB Kanjeng Djimat Kota Mojokerto Raih Juara 3 Nasional

Sementara Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting, perlu dukungan operasional di lini lapangan dalam Pembinaan Program Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera serta Percepatan Penurunan Stunting.

Selanjutnya, dengan tersusunnya kebijakan tentang Pembangunan Keluarga dan Penurunan Stunting., yang terakhir  tersusunnya Grand Desain Pembangunan Kependudukan," pungkasnya. (*)

Sumber:

b