Liburan Asyik dengan Belajar Animasi di Holiday Creativity

Liburan Asyik dengan  Belajar Animasi di Holiday Creativity

Program Holiday Creativity para siswa sekolah dasar di Kota Mojokerto diperkenalkan cara membuat animasi sederhana bersama Siti Pinter (Sinau Teknologi Informasi Program Telecenter.-Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Liburan sekolah tidak berarti libur untuk belajar. Melalui program Holiday Creativity para siswa sekolah dasar di Kota Mojokerto diperkenalkan cara membuat animasi sederhana bersama Siti Pinter (Sinau Teknologi Informasi Program Telecenter)

Melalui kegiatan yang diprakarsai oleh Diskominfo ini Penjabat (Pj). Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro menyampaikan ini merupakan upaya yang dilakukan untuk menggali kreativitas sejak dini juga untuk meningkatkan literasi digital. 

"Literasi digital itu tidak hanya tahu bagaimana menggunakan tapi bagaimana cara membuat. Dan animasi ini tentu sudah dikenal oleh anak-anak," tuturnya.

BACA JUGA:Oknum ASN Pemkab Mojokerto Bersama PIL Digerebek Suami

Dalam Holiday Creativity yang digelar pada 2-3 Juli 2024, 20 siswa kelas 4, 5 dan 6 dari berbagai sekolah dasar di Kota Mojokerto ini mendapatkan materi tentang membuat alur cerita pada hari pertama pertama pelatihan. 


Anak-anak belajar membuat animasi saat libur sekolah-Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

Hari kedua semakin seru dengan praktik secara langsung bagaimana membuat animasi dengan program Canva berdasarkan alur cerita yang telah dibuat sebelumnya. 

Kenzo, murid dari SDN Balongsari menceritakan membuat animasi bersama Siti Pinter merupakan pengalaman pertamanya. 

"Ini pertama kali belajar animasi, ada yang agak sulit, tapi juga ada mudah," ceritanya. 

BACA JUGA:SMK Taman Siswa Mojokerto Launching Mobil Listrik

Lain halnya dengan Java, ia cukup lancar menggunakan fitur dalam program canva seperti menambahkan buble chat yang menceritakan alur cerita maupun menambahkan fitur agar objek dalam gambar bisa bergerak. 

BACA JUGA:Terdampak Kekeringan, Warga Kunjorowesi Mojokerto Didroping Air Bersih

"Dulu sudah pernah belajar bikin animasi di sini juga, tapi sama teman-teman sekolah, jadi sudah agak bisa," kisahnya. 

Selain memberikan pelatihan membuat animasi sederhana, program Holiday Creativity Siti Pinter, juga akan memberikan pelatihan singkat untuk menjadi jurnalis cilik yang akan digelar pekan depan. (*)

Sumber:

b