HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Yuk, Baca Buku-buku yang Lagi Viral Secara Gratis di Perpustakaan Keliling Milik Disperpus

Yuk, Baca Buku-buku yang Lagi Viral Secara Gratis di Perpustakaan Keliling Milik Disperpus

Perpustakaan keliling yang digelar di jalan Benteng Pancasila setiap hari Minggu diminati anak=anak hingga orang dewasa-Foto : Elsa Fifajanti-

Mojokerto, diswaymojokerto.id – Jika kita jalan-jalan pagi di jalan benteng Pancasila (Benpas) Mojokerto, tepatnya di depan Taman Benteng, setiap hari Minggu, maka akan kita dapati satu kendaraan mini bus terbuka di kiri kanannya yang penuh dengan buku-buku.

Kendaraan tersebut tampak menarik perhatian, berwarna putih, dikerubungi anak-anak, remaja serta beberapa orang dewasa. Kendaraan minibus yang didesain kiri kanannya terbuka, lantas ada raknya, berisi penuh dengan buku-buku.

Tampaknya kendaraan tersebut merupakan perpustakaan keliling milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemkot Mojokerto yang memang dibuka di beberapa titik tempat umum, menyediakan banyak buku yang bisa dibaca di tempat.


Aanak-anak penghobi baca buku sangat antusias mendatangi perpustakaan keliling-Foto : Elsa Fifajanti-

Seperti pemandangan di jalan benteng Pancasila, Minggu 25 Agustus 2024. Kendaraan perpustakaan keliling itu didatangi anak-anak, remaja dan beberapa orang dewasa. Para pengunjung tersebut langsung melihat-lihat judul buku, memilihnya lantas membawa di seputaran kendaraan tersebut diparkir.

‘’Buku-buku ini kami pinjamkan secara gratis, boleh dibaca di sini sepuasnya, tapi tidak boleh dibawa pulang,’’ tutur Ayu Putri, salah satu staf dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemkot Mojokerto menjawab DiswayMojokerto.id

Ayu menyampaikan perpustaan keliling di Benteng Pancasila tersebut digelar sejak pukul 05.00 hingga pukul 09.00 setiap hari Minggu.


Kalangan penghobi dan orang dewasa juga mendatangi perpustakaan keliling di jalan Benpas Minggu 25 Agustus 2024 pagi-Foto : Elsa Fifajanti-

Dari data yang masuk, animo masyarakat terhadap kegiatan membaca gratis ini makin meningkat. Terutama ana-anam dan remaja.

‘’Kami berusaha menyediakan buku-buku baru yang sedang hit, atau viral, sehingga menarik minat baca masyarakat, Teruma anak-anak dan kaum muda,’’ terang Ayu.

Waktu membaca memang singkat. Hanya sekitar pukul 05.00-09.00 pagi setiap hari Minggu di Benteng Pancasila. Namun demikian Dinas Perpustakaan dan Arsip telah menyediakan perpustakaan di beberapa titik, terutama di taman-taman Kota.

BACA JUGA:KPU Kota Mojokerto Pastikan Ikuti Putusan MK Terkait Usia dan Ambang Batas Pencalonan

BACA JUGA:Tes Kesehatan Bacawali -Bacawawali Kota Mojokerto Dilaksanakan di RSUD Dr Soetomo Surabaya

‘’Ada beberapa perpustakaan umum yang dikelola oleh Disperpus. Yang paling banyak dikunjungi masyarakat untuk membaca memang di alun-alun kota yang paling ramai,’’ papar Ayu.

Sumber:

b