HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Percepatan Penurunan Stunting, Jember Raih Manggala Karya Kencana

Percepatan Penurunan Stunting, Jember Raih Manggala Karya Kencana

Bupati Jember, Ir H Hendy Siswanto, menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana di Merapi Grand Ballroom PRPP Jawa Tengah, Jumat, 28/6/2024, malam.-Diskominfo Kabupaten Jember for Disway Mojokerto-

Jember, Mojokerto.disway. id – Pemkab Jember menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKBN Pusat. Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., ASEAN Eng, di Merapi Grand Ballroom PRPP Jawa Tengah, Jl. Anjasmoro - Tawangsari, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 28/6/2024, malam.

Penyerahan Penghargaan Manggala Karya Kencana itu diberikan dalam Malam Penghargaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31. Dengan tajuk Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas, Bupati Hendy menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK).


Penghargaan Maggala Karya Kencana diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN RI, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) -Diskominfo Kabupaten Jember for Disway Mojokerto-

Pada kesempatan itu, Hendy mengatakan, penghargaan ini kali pertama didapat oleh Kabupaten Jember. Keberhasilan mendapatkan penghargaan itu merupakan wujud kerja keras seluruh pihak, terutama para penyuluh KB.

‘’Para penyuluh KB mampu mengendalikan populasi Jember melalui berbagai program keluarga berencana, mulai sosialisasi, pendampingan, hingga pemasangan KB,’’ paparnya.

BACA JUGA:Lagi, TP2GP Verifikasi Letkol Moch Sroedji Pahlawan Nasional

Hendy juga mneyebutkan, MKK bisa mnejadi motivasi bagi Pemkab Jember untuk lebih giat bekerja. ‘’Khususnya dalam mencegah dan menekan stunting dengan keluarga berencana. Seperti kita tahu, keluarga berencana merupakan pondasi pembangunan bangsa,’’ tegasnya.

Indikator lain keberhasilan Jember mendapatkan penghargaan tersebut antara lain pembangunan kependudukan, keluarga berencana. Selain itu, pembangunan keluarga juga berperan besar dalam menggerakkan seluruh sektor.

‘’Mulai infrastruktur, sosial budaya, hingga peningkatan ekonomi masyarakat dalam membangun kampung KB,’’ sahutnya.

Disebutkan, hingga Desember 2023, tercatat sudah terbentuk sebanyak 226 kampung KB di desa dan 22 kampung KB di kelurahan.

BACA JUGA:Lomba Senam Jantung Sehat, Bupati Hendy Instruksikan Tiap Kecamatan Gelar Kegiatan Serupa

Sekedar diketahui, Penghargaan Manggala Karya kencana adalah penghargaan paling bergengsi yang diberikan kepada tokoh yang dinilai telah memberikan kontribusi serta dedikasi tinggi dalam menunjukkan komitmen luar biasa untuk program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana). Penghargaan tersebut diberikan langsung Kepala BKKBN RI, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) dalam acara Gala Dinner Penganugerahan Penghargaan Bidang Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024 di Merapi Grand Ballroom, Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Kota Semarang, Jumat, 28/06/2024,malam.

Sumber:

b