HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Bus Trans Jatim Koridor III Rute Mojokerto - Gresik Resmi Beroperasi

Bus Trans Jatim Koridor III Rute Mojokerto - Gresik Resmi Beroperasi

Gubernur Jawa timur saat meresmikan Bus Trans Jatim koridor III di Wisata Bukit Kayoe Putih Mojokerto-Fio Atmaja-

Mojokerto, mojokerto.disway.id -Bus Trans Jatim koridor III rute Mojokerto - Balongpanggang, Gresik resmi beroperasi, Rabu (18/10/2023). 

Peluncuran layanan ini diresmikan langsung Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Wisata Bukit Kayoe Putih, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.

Berbeda dengan sebelumnya, nama Bus Trans yang Jatim Koridor III memakai nama Ratu Kencono Wungu atau Dyah Suhita

Rute Bus Trans Jatim Koridor III ini sekitar 30 km dengan rute Terminal Kertajaya Mojokerto-Terminal Balongpanggang, Gresik dengan melintasi 40 halte. Dengan jumlah armada bus yang dioperasionalkan sebanyak 20 dan 2 bus cadangan.

Bus Trans Jatim ini berangkat dari Terminal Kertajaya, Jalan Pahlawan, Jalan Gajah mada, Jalan Raya Mlirip, Terminal Lespadangan, Kupang, Wisata Bukit Kayoe Putih, Dhawarblandong, Terminal Balongpanggang Gresik.

Kemudian jalur kembalinya berbeda dari jalur awal yakni lewat perempatan pemandian Sekarsari Kota Mojokerto, Jalan Empunala, Rest Area Gunubg Gedangan dan terakhir Terminal Kertajaya.

Kepala Dishub Provinsi Jawa Timur, Nyono mengatakan bahwa bus ini beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00-21.00 WIB dengan waktu tunggu antarbus 10 - 15 menit di jam sibuk dan 25-30 menit di jam nonsibuk.

"Kehadiran Bus Trans Jatim Koridor III ini, mobilitas masyarakat aglomerasi masyarakat Gresik dan Mojokerto lebih dipermudah. Insya Allah lebih terjamin keamanan dan kenyamanannya," terangnya.

Nyono menjelaskan bahwa Bus Trans Jatim koridor III ini memiliki fasilitas penunjang, seperti AC, CCTV, ramah disabilitas, serta Sistem Keamanan Berkendara.

"Seperti Kamera Artificial Intelligence untuk mengontrol dan mengatur kecepatan bus serta mendeteksi dan memperingatkan pelanggaran dalam operasional," terangnya.

Selain itu, penumpang bisa memantau posisi bus yang akan datang melalui Aplikasi TRANS JATIM - AJAIB lewat ponsel pintar. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan informasi Suroboyo Bus.

"Saat ini sistem pembayaran Trans Jatim menggunakan Qris. Bukan hanya itu pembayaran bisa tunai dan non tunai," terang dia.

Bagi masyarakat ingin berganti Koridor cukup satu kali pembayaran atau tap dengan tarif Rp 5.000 untuk umum dan Rp 2.500 untuk pelajar atau santri, dengan syarat kurang dari 2 jam dengan menunjukkan tiket Bus Trans Jatim bisa bergeser koridor.

"Bus Trans Jatim koridor III selama dua minggu kedepan akan melayani penumpang dengan tidak menarik tarif atau masih gratis," tambahnya.

Sumber:

b