ANBK Salah Satu Parameter Bagi Pemerintah Berikan Bantuan ke Sekolah

ANBK Salah Satu Parameter Bagi Pemerintah Berikan Bantuan ke Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto, Amin Wachid-Foto : istimewa-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Mojokerto. Amin Wachid menegaskan hanya satu Sekolah Dasar (SD) yang hari ini mengalami kendala saat berlangsungnya Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), itupun terkait jaringan di sekolah tersebut. Kendala tersebut langsung diatasi Tim Helpdesk Dinas P dan K  dengan mendatangi sekolah yang jaringannya terganggu.

‘’Secara umum ANBK hari ini berlangsung lancar, tidak ada kendala yang berarti,’’ terang Amin Wachid, Senin, 23 Oktober 2023.

Ia menjelaskan hari ini ANBK diikuti 45 SD se Kota Mojokerto,  terdiri dari 35 SD Negeri dan 10 Sd Swasta. ANBK gelombang pertama berlangsung pada 23 Oktober dan kedua pada 24 Oktober.   

Baca juga : Wali Murid Tak Perlu Resah, ANBK Memakai Perangkat Sekolah

 ANBK merupakan bagian tidak terpisahkan dari AN (Asesmen Nasional) yang didalamnya juga ada AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) literasi, dan numerasi serta Sulingjar (Survey Lingkungan Belajar).

‘’Program ini mempunyai tujuan agar pemerintah pusat dapat mengetahui kondisi, iklim belajar, maupun kualitas pendidikan dari suatu lembaga, jadi dapat dikatakan hasil AN, merupakan cerminan dari kondisi dan kualitas lembaga tersebut,’’terang Amin wachid.

Dengan hal tersebut, maka pemerintah dapat dengan tepat menentukan pemberian bantuan terhadap setiap lembaga yang ada. ‘’Otomatis tidak akan sama antara satu lembaga sekola  dengan yang lain,’’tegasnya.

Seperti telah diberitakan, untuk mengikuti ANBK ini, orang tua/wali murid tidak perlu khawatir harus menyediakan perangkat computer untuk putra putrinya, karena semua perangkat tersebut telah disediakan oleh pihak sekolah. (*)

 

Sumber:

b