Akar Keropos, Pohon Sengon Buto Tumbang di Trawas

Kamis 14-09-2023,19:02 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Eno

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Sebuah pohon jenis Sengon Buto tumbang di Jalan Trawas - Ngoro, Dusun Biting, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Kamis (14/9/2023).

"Informasi dari masyarakat setempat, pohon tumbang terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Material pohon jenis Sengon Buto dengan diameter lebih 260 sentimeter tersebut melintang di tengah jalan dan menutup akses Jalan Trawas- Ngoro," ucap Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim.

Menurutnya, pohon tumbang diduga kuat karena akar batang pohon sudah keropos dan posisinya sudah miring. Tidak ada angin, tidak ada hujan jadi penyebabnya itu pada akarnya yang keropos.

Petugas BPBD Kabupaten Mojokerto bersama TNI/Polri dan Perum Perhutani langsung melakukan evakuasi material batang pohon yang sempat menutup akses jalan Trawas-Ngoro tersebut.

Material pohon tersebut sempat mengganggu pengguna jalan dan menyebabkan kemacetan. Namun, batang pohon yang menutupi jalan berhasil dipotong dan dievakuasi, dan kondisi akses jalan kembali normal sekitar pukul 12.30 WIB. 

"Saat pohon tumbang, tidak ada pengendara kendaraan yang melintasi jalan tersebut, sehingga beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," tandasnya. (*)

Kategori :