Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati Hadir di Ruwatan ''Durga Rawat''

Jumat 26-01-2024,17:19 WIB
Editor : Elsa Fifajanti

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri sarasehan budaya dan ruwatan.

Kegiatan kebudayaan yang diinisiasi yayasan Bima Sakti Peduli Negeri ini digelar di kompleks Bimasakti Farm, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, pada Kamis, (25/1) malam.

Agenda uri-uri budaya ini mengusung tema 'Durga Rawat'. Sarasehan dan ruwatan budaya digelar sebagai upaya melestarikan budaya, aktivitas spiritual keagamaan, pemberdayaan sosial dan pengembangan ekonomi kreatif.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Disbudporapar, Kepala Disperka, DWP Disperka, Wakil Bupati Jombang, pendiri dan pengurus yayasan Bima Sakti Peduli Negeri, para budayawan Mojokerto, serta tokoh masyarakat pacet.


Bupati Ikfina memberikan sambutan di acara Ruwat Durga-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto-

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina berharap para tokoh masyarakat ikut mengambil peran dalam menjaga warisan budaya, serta melestarikannya.

"Melalui sarasehan ini kita semuanya betul-betul ingin mewujudkan kejayaan kebangsaan negara dan nusantara dengan partisipasi dan kerjasama kita semuanya, ‘’kata Bupati Ikfina

Ia berharap, Kabupaten Mojokerto yang merupakan ibu kota dari kerajaan Majapahit bisa menjadi daerah  yang mampu menjaga warisan leluhur


Bupati Ikfina berbincang dengan tokoh budaya dan tokoh masyarakat di acara ruwatan Bima Sakti-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto-

Sementara itu, pendiri yayasan Bima Sakti Peduli Negeri Ibnu Susanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan melestarikan budaya Nusantara dan tetap mempertahankan tradisi leluhur.

"Saya sedikit menceritakan, acara sarasehan ini, saya konsultasikan dengan para sesepuh di Bali, ternyata mendapat sambutan sangat baik dari para sesepuh  Bali, " pungkasnya. (*) 

 

Kategori :