Jalan Sehat dan Kerja Bakti, Pj Wali Kota Turun ke Sungai

Jumat 23-02-2024,16:23 WIB
Reporter : Andung
Editor : Andung

 

Mojokerto,  mojokerto.disway.id  - Acara Jumat sehat di Jajaran Pemkot Mojokerto berlangsung seru, Jumat pagi, 23/2/23. Hal itu karena selain jalan sehat, Pj Wali Kota Mojokerto M Ali Kuncoro, S.STP, M.Si juga kerja bakti bersama warga. 

 

Bahkan Pj Wali Kota Mojokerto tak canggung turun ke sungai untuk bersihkan tanaman yang tumbuh di aliran sungai di Lingkungan Kuti, Kelurahan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari. Selain itu, Mas Pj, juga ikut makan lesehan di jalan aspal bersama anggota pasukan gerak cepat DLH Kota Mojokerto.

 


Usai bersih-bersih sungai lalu ngobrol dengan dengan warga dan petugas gerak cepat DLH sambil makan nasi bungkus dengan lesehan di jalan aspal-Andung-Disway Mojokerto-

 

Acara jalan sehat yang diberangkatkan dari GOR Majapahit di Jalan Gajahmada, Kota Mojokerto itu diikuti ratusan ASN di jajaran Pemkot Mojokerto dan masyarakat, termasuk para camat dan lurah. Mereka tumplek blek di halaman GOR Majapahit. 

 

Berangkat dari GOR Majapahit pukul 06.30, Pj Wali Kota M Ali Kuncoro, S.STP, M,Si didampingi Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo. Selain itu juga seluruh kepala OPD, pejabat di lingkungan sekretariat Pemkot Mojokerto, serta masyarakat.

 

Dari GOR Majapahit, rombongan menuju Jalan Benteng Pancasila terus ke Lingkungan Kuti Kelurahan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari. Di sepanjang jalan menuju lokasi kerja bakti, Pj Wali Kota juga beberapa kali disapa warga serta di waduli  genangan air. 

 

‘’Ya bu, nanti kami tangani. Ini saya juga bersama Kepala PUPR Kota Mojokerto,’’ katanya sambil menepuk pundak Kadis PUPR Kota Mojokerto, Muraji, ST, M.Si, saat rombongan melintas di Jalan Tropodo sebelah barat perbatasan Lingkungan Kuti, dan dilapori warga tentang genangan air ketika hujan deras.



Ngobrol dengan Bu Munamar, warga Lingkungan Kuti, Kelurahan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari yang senang dan kagum Pj Wali Kota ikut kerja bakti dan turun ke sungai.-Andung - Disway Mojokerto-

 

Sampai di lokasi kerja bakti, Mas Pj Wali Kota, sapaan akrabnya, langsung menuju saluran sungai di timur rumah pompa di Lingkungan Kuti. Di tempat itu, setelah membersihkan beberapa tanaman perdu di tepi saluran, M Ali Kuncoro melihat ada tanaman yang tumbuh di gundukan tanah di dalam saluran air.

 

Tanpa canggung, Mas Pj langsung turun ke sungai dan membersihkan tanaman di dalam saluran bersama sekretaris Satpol PP Kota Mojokerto, Ganesh Kresnawan dan Lurah Gunung Gedangan, Andika Dewantara. Selain itu pasukan gerak cepat DLH Kota Mojokerto juga ikut turun membersihkan saluran. 

 

Usai membersihkan tanaman di sungai, Mas Pj Wali Kota menuju stan-stan kuliner dan periksa kesehatan gratis yang sudah disediakan. Sesekali Ali yang didampingi Ketua Penggerak PKK Kota Mojokerto, Nia Jayanti, juga berbaur dengan warga.

 

Di sela-sela kegiatan, Mas Pj Wali Kota menyampaikan bahwa jalan sehat dan kerja bakti yang dilaksanakan kali ini membersihkan saluran air. ‘’Karena sekarang musim hujan. Saluran air harus bersih dari apapun yang bisa menjadi sumbatan-sumbatan, sehingga tidak terjadi banjir,’’ katanya.

 

Dia juga mengapresiasi kesigapan petugas rumah pompa yang selalu berjaga nonstop saat musim hujan. Apalagi saat terjadi hujan deras, baik di wilayah kota maupun sekitarnya. 

 

Saat memberikan sambutan Ali Kuncoro juga menyebutkan bahwa kerja bakti yang dilakukan adalah salah satu bentuk gotong royong antara masyarakat dan jajaran pemerintah kota. ‘’Pada dasarnya, kami-kami ini adalah pelayan bapak-bapak dan ibu-ibu. Memang secara organisasi kami ditunjuk memimpin Kota Mojokerto,’’ katanya.

 

Tapi, lanjutnya, secara tugas keseharian, baik wali kota maupun para pejabat di jajaran Pemkot Mojokerto adalah melayani masyarakat. ‘’Jadi jangan beranggapan kami ini pejabat. Dan tempat paling baik kami ini adalah di tengah-tengah masyarakat, membersamai masyarakat,’’ tambahnya.

 

Apapun yang terjadi di masyarakat, pihaknya akan ikut turun menyelesaikan permasalahan. Termasuk saat ini ketika terjadi kelangkaan beras sehingga terjadi kenaikan harga beras. 


Bersama Ketua Penggerak PKK Kota Mojokerto, Nia Jayanti, di sela-sela jalan sehat dan kerja bakti di Lingkungan Kuti, Kelurahan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari-Andung - Disway Mojokerto-

 

Bersama jajaran di Pemkot Mojokerto, Ali Kuncoro menyebutkan tak segan-segan mengintervensi pasar untuk mengendalikan harga beras. ‘’Kami sedang berupaya keras mengendalikan harga sembako agar terjangkau masyarakat dan barangnya ada,’’ tegasnya.

 

Karena itu pihaknya terus menggelar operasi pasar yang ditingkatkan frekuensinya di tiap kelurahan oleh Dinas Koperasi UKM dan Perindag. Selain itu dia juga memerintahkan ASN membeli beras di Bulog.

 

‘’ASN jangan ikut membeli beras di pasar yang bisa berakibat kurangnya beras di pasar. Belilah beras di bulog,’’ tandasnya.  (*)

Kategori :