RTH Sooko Akan Memiliki Fungsi Sarana Olahraga dan Wisata

Jumat 23-02-2024,17:54 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Elsa Fifajanti

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Selain sebagai paru - paru dari sebuah kota atau wilayah, keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana olahraga dan wisata.

 

Seperti halnya RTH di Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto yang progres pembangunannya sudah mencapai 95 persen.

Dibangunnya RTH Sooko tersebut tak lain untuk memfasilitasi warga Sooko dan sekitarnya agar bisa dimanfaatkan sebagai sarana wisata maupun olahraga.

Selain itu, RTH yang berada di sebelah utara SMAN 1 Sooko ini diketahui memiliki luas sebesar kurang lebih 1 hektar, terdapat berbagai fasilitas seperti zona parkir, zona playground, fitness outdoor, Tirta Amerta, dan zona lapangan panahan.

"RTH ini tidak hanya dibangun sekedarnya saja, didalamnya juga ada area untuk berolahraga yang bisa dimanfaatkan masyarakat kita khususnya anak-anak," ucap Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat melakukan peninjauan progres pembangunan RTH, Kamis (22/2/2024).

Ikfina menjelaskan, dialih fungsikannya lapangan sepak bola menjadi RTH, karena masyarakat lebih membutuhkan RTH, selain itu, dibangunnya RTH di sebelah SMAN 1 Sooko yakni berdekatan dengan pemukiman warga.

"RTH di Kabupaten Mojokerto masih sedikit jumlahnya, sedangkan untuk lapangan bola saya rasa masih banyak, jadi RTH ini lebih banyak manfaatnya, tidak hanya olahraga saja, tapi nanti di bagian belakang akan kami buatkan juga tempat untuk mini futsal dan panahan," tegasnya.

Peninjauan tersebut dalam rangka memastikan kelancaran pembangunan RTH yang sudah mencapai 95 persen.

Proyek pembangunan RTH yang menjadi aset Pemkab Mojokerto tersebut mempunyai konsep Majapahitan, dan sudah mulai pengerjaan sejak 23 Oktober 2023.

Paket fisik senilai Rp 2,3 miliar ini dari suntikan APBD 2023 dimenangkan CV Bumi Lasinrang atau turun dari 15 persen nilai HPS sebesar Rp 2,8 miliar. (*)

Kategori :