Rute Bus Trans Jatim Berubah, Agar Sentra UKM dan Wisata di Kota Mojokerto Tercover

Senin 02-10-2023,12:57 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Sujatmiko

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Rute dan titik halte Bus Trans Jatim koridor III yang menghubungkan Mojokerto - Gresik mengalami perubahan.

Perubahan ini dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur sebagai tanggapan atas permintaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto.

Sebelumnya, rute dan titik-titik halte sudah melalui survei dan diajukan Pemkot Mojokerto untuk dievaluasi sebelum diresmikan Gubernur Jawa Timur pada pertengahan bulan Oktober.

Kasi Dalops UPT LLAJ Mojokerto Dishub Jatim, Akhmad Yazid, menjelaskan bahwa ada pengajuan perubahan dari Pemkot Mojokerto terkait rute baru untuk trayek bus Trans Jatim koridor III, khususnya rute dari Balongpanggang Gresik menuju Terminal Kertajaya melintasi wilayah Kota Mojokerto.

"Perubahan ini bertujuan untuk memungkinkan Bus Trans Jatim koridor III untuk melewati sentra UKM, pasar, dan obyek wisata di Kota Mojokerto, seperti Pemandian Sekarsari, pasar burung, sentra PKL Benpas, sentra UKM Batik Kedungsari, hingga rest area Gunung Gedangan," terang Yazid, (2/10/2023).

BACA JUGA: Survei Titik Halte Bus Trans Jatim III Rute Mojokerto-Gresik Mulai Dilakukan

Sebelumnya, rute tersebut melalui Jalan Gajah Mada, belok ke Benteng Pancasila (Benpas), melalui Jalan Kedungsari dan rest area, hingga Bypass Gunung Gedangan dan berakhir di Terminal Kertajaya.

Namun, perubahan ini mengarahkan rute bus untuk berbelok ke Jalan Empunala, melalui simpang empat pasar burung, Jalan Benpas, Jalan Kedungsari, rest area Gunung Gedangan, Bypass, dan berakhir di Terminal Kertajaya.

Menurutnya, tujuan utama meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan luar daerah ke pusat perdagangan di Kota Mojokerto

"Saat ini, proses realisasi koridor III tengah berlangsung, dan ditargetkan selesai sebelum resmi dioperasikan akhir Oktober. Semua ini dilakukan untuk memastikan sarana dan prasarana siap sebelum diresmikan Gubernur Jatim," ujarnya.

Trayek bus Trans Jatim Koridor III Mojokerto-Gresik akan melewati wilayah Kota Mojokerto, utara Sungai Kabupaten Mojokerto, hingga mencapai Balongpanggang Gresik dengan total 20 armada bus yang disiapkan.

Kategori :