Kunjungi PT Ittihad Rahmad Utama Mojokerto, Cagub Jatim Khofifah Apresiasi Perusahaan Bertahan di Ring 1

Sabtu 05-10-2024,18:50 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Elsa Fifajanti

Mojokerto, Diswaymojokerto.id - Hari kesebelas kampanye, Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Mitra Produksi Sigaret (MPS) PT Ittihad Rahmad Utama di Desa Jatipasar, Trowulan, Mojokerto, Sabtu, 5 Oktober 2024. 

Dalam kunjungannya ia mengapresiasi manajemen industri padat karya tersebut yang bertahan di daerah ring 1 Jawa Timur meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan memiliki Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) tertinggi di Jawa Timur. 

"Daerah padat karya di daerah ring 1 seperti di Kabupaten Mojokerto tidak mudah. Bagi mengetahui bagaimana ring 1 dengan UMK yang paling tinggi di Jawa timur, termasuk  MPS PT Ittihad Rahmad Utama," terang Khofifah. 

Menurutnya, daerah ring 1 ini tidak mudah, maka fighting spirit dari tim manajemen padat karya ring 1 itu luar biasa. Dari hasil surveibilitas dari MPS PT Ittihad Rahmad Utama ini harus di apresiasi dan, ia melihat lebih 90 persen karyawannya adalah perempuan. 


Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi pabrik MPS di Trowulan Mojokerto-Foto : Fio Atmaja-

"Mereka adalah tulang punggung ekonomi keluarga bisa dilihat bagaimana kecepatan kerja mereka," katanya. 

Sementara itu, Paguyuban MPS Indonesia, Sriyadi Purnomo mengatakan, Khofifah Indar Parawansa merupakan salah satu Calon Gubernur Jawa Timur yang full senyum dan tidak pernah marah. 

“Khofifah sangat santun kepada masyarakat paling bawah sampai paling tinggi. Tidak pernah membedakan siapapun itu,” ujarnya.

BACA JUGA:Wisata Keliling Kota Mojokerto, Terobosan Baru Jalan-jalan Kunjungi Spot Iconik dan Legendaris

BACA JUGA:Candi Belahan, Terletak di Perbatasan Mojokerto-Pasuruan, Relief Dindingnya Menjadi Daya Tarik

 Pihaknya mengaku sangat salut kepada sosok mantan Gubenur Jawa Timur 2018-2023 tersebut. Khofifah dinilai sebagai sosok yang baik dan tidak pernah menunjukkan kemarahan kepada siapapun. 

Ia berharap mantan Menteri Sosial RI ini kembali menjadi Gubernur Jawa Timur dan bisa memperhatikan Sigaret Kretek Tangan (SKT). Jika nanti Khofifah terpilih kembali sebagai gubernur, dua periode ini bisa memperhatikan SKT, industri padat karya. 


90 persen karyawan pabrik MPS adalah perempuan-Foto : Fio Atmaja-

"Dimana SKT ini menyerap tenaga kerja banyak dan harus dilindungi dan dilestarikan untuk selamanya. Selain itu Khofifah dinilai selalu memberikan masukan kepada Presiden RI agar cukai SKT tidak mengalami kenaikan, bagaimana perlindungan terhadap tenaga kerja wanita," ungkapnya. 

Direktur PT Ittihad Rahmad Utama, Bambang Wijanarko menilai  pada periode lalu Khofifah sudah membantu perlindungan terhadap SKT yang memang cukup berhasil. 

Kategori :