Tegalboto Memanggil, Saat Senior Berbagi Ilmu Jurnalistik dan Penulisan pada Juniornya

Rabu 16-10-2024,20:11 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Elsa Fifajanti

Jember, Diswaymojokerto.id - Keluarga Alumni Universitas Jember (KAUJE) kembali menyelenggarakan Tegalboto Memanggil 3 dengan mengadakan kegiatan Jurnalistik Coaching Clinic (JCC) dalam rangkaian Dies Natalis ke 60 Universitas Jember. 

Bertempat di Gedung Auditorium Universitas Jember Selasa 15 Oktober 2024, acara ini dihadiri oleh para jurnalis senior dan profesional media nasional sebagai narasumber.

Menurut Wakil Ketua KAUJE Korwil Jawa Timur, Muhammad Sholeh, program Tegalboto Memanggil merupakan ajang silaturahmi alumni dengan civitas akademika Unej yang kemudian bersinergi untuk seluruh masyarakat. 

Mendatangkan alumni yang berpengalaman di bidangnya, para senior ini nantinya akan membagikan ilmunya para civitas akademika Universitas Jember.


Wakil Koordinator Tegalboto Memanggil ke -3 Sholeh Masyhoedi-Foto : Totok-
Tegalboto memanggil ke -3 menggelar coaching klinik jurnalistik-Foto : Totok-

“KAUJE merupakan wadah silaturahmi untuk berjejaring sehingga dapat membentuk jiwa korsa yang nantinya dapat bermanfaat bagi kita semua. Event TM 3 ini merupakan bentuk kepedulian alumni untuk almamater tercinta dan untuk seluruh masyarakat,” tuturnya.

Selaras dengan hal tersebut Rektor Unej Iwan Taruna turut menyampaikan harapannya terkait dengan serangkaian program Tegalboto Memanggil 3.

“Dengan adanya acara ini, kita dapat menunjukkan bahwa meskipun Universitas Jember berada di daerah yang jauh dari pusat kota, tetapi kita memiliki alumni yang luar biasa dan berprestasi di berbagai bidang. Harapannya, kegiatan seperti ini dapat memberikan inspirasi dan kontribusi bagi kemajuan kita semua,” katanya.

Rektor juga menambahkan, “Sebagai alumni, tentu sudah menjadi tanggung jawab untuk memberikan manfaat kepada almamater, baik melalui jejaring, pengalaman, maupun kontribusi lainnya. Seperti halnya moderator kita bapak Marsudi Nurwahid yang akan memandu diskusi kita hari ini beliau juga merupakan alumni Universitas Jember yang saat ini menjadi Direktur Jawa Pos, sungguh luar biasa,” imbuhnya.


Nurwahid, salah satu alumni Unej yang menjadi direktur di salah satu media di Jatim-Foto : Totok-

Acara Jurnalistik Coaching Clinic (JCC) menghadirkan narasumber-narasumber yang beragam dan tentunya siap berbagi ilmu kepada para juniornya yang telah memenuhi Gedung Auditorium untuk mendapatkan pelatihan dan keterampilan praktis dalam bidang jurnalistik.

Salah satu materi yang disampaikan oleh narasumber jurnalis senior dari Majalah Tempo, Agung Sedayu, memberikan materi tentang Jurnalisme Investigasi. 

Menurutnya, liputan investigasi harus mampu membawa perubahan, terutama dalam mengungkap fakta yang sering kali disembunyikan. Agung juga menekankan pentingnya integritas jurnalis, terutama dalam menyampaikan kebenaran kepada publik.


Panitia Tegalboto Memanggil ke 3 -Foto : Totok-

“Jurnalis harus mengabdi kepada fakta dan kebenaran,” ujarnya. Ia juga menjelaskan bahwa jurnalis memiliki peran penting sebagai filter informasi, menyaring mana yang benar dan mana yang salah, serta menjaga independensi dalam bekerja.

Kategori :