Penelitian menunjukkan anak-anak yang sarapan pagi Sebelum Berangkat ke Sekolah lebih berkonsentrasi di Kelas

Jumat 27-10-2023,08:44 WIB
Reporter : santi
Editor : Sujatmiko

MOJOKERTO, mojokerto.disway.id - Sebuah penelitian yang dialamatkan pada 500 pendidik di Inggris menemukan, bahwa 72 persen siswa yang sarapan saat akan berangkat sekolah atau sebelum memulai kegiatan kelompok di sekolahnya, memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi. Selain itu para siswa cenderung lebih bahagia di kelas.

 

Kemudian para guru itu juga menemukan bahwa siswa yang tidak rutin sarapan cepat menyerah dalam mengerjakan tugas, menunjukkan tanda-tanda kelelahan, dan mudah terdistraksi.

 

Demikian pula, mereka tidak begitu terlibat seperti mereka yang sudah makan dan kurang memiliki rasa ingin tahu. Sebanyak 97 persen guru percaya bahwa sarapan, seperti semangkuk sereal atau menu sarapan lainnya sangat penting bagi keberhasilan anak-anak di sekolah.

 

  Penelitian ini dilakukan oleh Warburtons sebagai bagian dari kemitraannya dengan badan amal Magic Breakfast   di Inggris. Lembaga itu menyoroti pentingnya sarapan yang baik dan menyediakan lebih dari satu juta sarapan untuk anak-anak yang menghadapi kerawanan pangan.

 

  Lindsey MacDonald, kepala eksekutif  Magic Breakfast mengatakan, “Di Magic Breakfast, misi kami adalah mengakhiri kelaparan pagi hari sebagai penghalang belajar bagi anak-anak dan remaja di Inggris,“ katanya sebagaimana dikutip the independent.

 

  Namun, ditemukan pula kenyataan bahwa ketika tekanan keuangan terus membebani keluarga, semakin banyak anak yang bersekolah tanpa sarapan pagi.

 

  “Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Warburtons dan mendapatkan dukungan mereka dalam memberikan kesempatan kepada lebih banyak generasi muda untuk mendapatkan sarapan bergizi di sekolah. “

 

  Kami tahu bahwa mereka yang sudah sarapan akan merasa lebih tenang, siap untuk belajar dan terus mencapai hasil yang lebih baik di sekolah, membantu mereka mewujudkan impian mereka.”

 

  Jonathan Warburton, menambahkan: “Tidak semua anak mempunyai akses sarapan sebelum sekolah dan kami ingin membantu mengubahnya. Kami sangat yakin bahwa semua anak harus mendapatkan kesempatan untuk berkembang di sekolah, apa pun kondisinya.”

 

  Penelitian ini juga menemukan bahwa pada hari-hari sekolah, seorang anak pertama kali akan mengatakan bahwa mereka “lapar” pada pukul 09:54.

Menurut para guru yang disurvei melalui OnePoll, hampir setengah (48 persen) anak-anak di komunitas sekolah mereka akan makan saat dalam perjalanan, dan 46 persen akan makan pagi di kantin sekolah. Namun, para guru memperkirakan 34 persen siswa di kelasnya tidak makan sebelum memulai pelajaran pada hari itu.

 

  Menurut 95 persen anak, menyediakan sarapan sebelum kelas dimulai adalah hal yang penting, namun sayangnya seperempat dari mereka mengatakan bahwa sekolah mereka tidak memiliki kantin yang menyediakan sarapan tersebut.

 

  Mereka yang sekolahnya menawarkan fasilitas ini biasanya menyajikan makanan termasuk roti panggang, sereal, dan jus. Lebih dari tujuh dari 10 (71 persen) percaya bahwa kantin memberi anak-anak waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah sebelum pelajaran dimulai.

 

  Mendapatkan makanan bergizi (76 persen), bersosialisasi dengan siswa lain (60 persen), dan belajar tentang pentingnya sarapan yang baik (47 persen) adalah beberapa manfaat lain yang disebutkan.

 

  Selain dari aspek nutrisi, 70 persen percaya bahwa sarapan yang baik memberi anak-anak waktu untuk mempersiapkan hari yang akan datang. Sementara 57 persen lainnya mengatakan hal ini memberi mereka waktu untuk bangun sebelum pelajaran.

 

  Ahli diet Priya Tew mengatakan: “Mengingat krisis biaya hidup, banyak anak yang kekurangan makanan dan nutrisi di rumah, sehingga sarapan yang seimbang di sekolah dapat memberikan dampak besar pada kesehatan mereka.


Baca Juga: 
Ini Pentingnya Sarapan Pagi buat Buah Hati Sebelum Berangkat Sekolah

 

 

  “Anak-anak yang sarapan sehat memiliki asupan nutrisi penting yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. “

 

  Meskipun semua makanan itu penting, sarapan bisa menjadi kesempatan emas untuk mendorong anak mengonsumsi serat, kalsium, vitamin B, protein, zat besi, dan satu kali sehari dengan porsi buah.

 

  “Sejumlah penelitian menunjukkan sarapan juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan fungsi kognitif – meningkatkan tingkat konsentrasi dan peluang keberhasilan anak di sekolah. “

Kategori :