Dalam 10 Menit 2 Ton Beras Terjual Habis, pada Operasi Pasar Bulog Surabaya Selatan dan Pemkab Mojokerto

Dalam 10 Menit 2 Ton Beras Terjual Habis, pada Operasi Pasar Bulog Surabaya Selatan dan Pemkab Mojokerto

Bupati Mojokerto saat mengunjungi operasi pasar di Pasar Raya Mojosari.- (Foto : dok.Disperindag Kabupaten Mojokerto)-Disperindag Kabupaten Mojokerto

MOJOKERTO, mojokerto.disway.id - Dalam waktu 10 menit 2 ton beras terjual habis pada operasi pasar yang dilakukan Bulog Cabang Surabaya Selatan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Mojokerto. Kolaborasi itu dilaksanakan pada Selasa (12/9/2023) itu untuk menjaga stabilitas harga beras dan bahan pokok di Kabupaten Mojokerto.

Kepala Bulog Cabang Surabaya Selatan, Rusli Pinca, menyampaikan bahwa ini kali kedua mereka melaksanakan operasi pasar di Pasar Raya Mojosari. Sebanyak 2 ton lebih beras disediakan.

"Operasi pasar ini akan terus berlanjut selama 12 hari ke depan untuk menjaga harga beras tetap stabil. Kami juga telah menyiapkan 7 Toko Pangan Kita (TPK) yang kami isi dengan 500 kg beras setiap harinya," ucapnya, Selasa (12/9/2023).

Rusli menjelaskan, tujuannya agar masyarakat dapat membeli beras dengan harga yang terjangkau. Di operasi pasar, harga beras yang ditawarkan Rp 10.200 per kilogram, lebih rendah dari harga Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sebesar 10.900 di pasar konvensional. "Kami juga berupaya untuk menjaga ketersediaan beras di setiap kecamatan setiap bulannya," terangnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto, Iwan Abdillah, menekankan bahwa pengembangan Toko Pangan Kita (TPK) di pasar-pasar desa merupakan salah satu prioritas. Dari 20 pasar yang ada, baru 6 pasar yang telah memiliki TPK. Fokus saat ini pada TPK beras medium, meskipun komoditas lain seperti minyak goreng dan gula premium juga diperhatikan.

"Kami akan terus mengembangkan TPK, terutama di pasar-pasar desa yang memiliki potensi kenaikan harga tinggi. Upaya ini kami lakukan untuk menekan harga beras dan menjaga stabilitasnya, terutama di pasar-pasar desa yang sering memiliki harga beras yang tinggi. Kami akan terus bekerja sama dengan Bulog untuk pengembangan ini," ujarnya.

Lanjut Rusli menegaskan bahwa saat ini BULOG Surabaya Selatan memiliki stok cadangan beras yang cukup, sekitar 7,6 ribu ton atau setara dengan alokasi untuk 7 hingga 8 bulan ke depan. Hal ini memberikan jaminan bahwa pasokan beras akan tetap aman dan harga beras akan tetap stabil sepanjang tahun.

Pemkab Mojokerto akan menggelar operasi pasar 12 - 20 September 2023. Selain operasi pasar, saat ini Pemkab Mojokerto berupaya mengembangkan TPK yang merupakan langkah konkret diambil untuk memastikan pasokan beras yang mencukupi dan harga yang terjangkau bagi masyarakat Kabupaten Mojokerto.

Sumber: bulog cabang surabaya selatan

b