Menaker : TKM Expo 2023 di Mojokerto Bentuk Dukungan Pada UMKM

Menaker : TKM Expo 2023 di Mojokerto Bentuk Dukungan Pada UMKM

Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Expo tahun 2023 dengan tema ‘Fantastik Festival’ berlangsung 22-23 Desember 2023 di Stadion Gelora Gajah Mada, Mojosari, Mojokerto. -Humas Menaker RI for Disway Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah mengatakan  Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Expo tahun 2023 merupakan ajang bagi TKM di wilayah Mojokerto. Acara ini sekaligus bentuk dukungan Kemnaker terhadap para pelaku usaha yang mendapatkan bantuan modal TKM. 

"Keberlangsungan acara hari ini merupakan wujud dukungan terhadap program TKM diharapkan dapat memperluas kesempatan kerja dan mengatasi jumlah pengangguran," ucapnya saat memberikan sambutan TKM Expo, di Stadion Gajah Mada, Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (23/12/2023) malam.

Ida Fauziyah mengungkapkan pada tahun 2023, Kemnaker merencanakan memberikan bantuan modal usaha kepada pencari kerja sebanyak 11.000 Kelompok TKM. Hingga Desember tahun 2023, telah disalurkan bantuan 10.955 TKM di Seluruh Indonesia. 

"Wilayah Kabupaten/kota Mojokerto, hingga tahun 2023 terdapat kurang lebih 173 TKM menjadi penerima bantuan dari Kemnaker," ujarnya.

Terselenggaranya TKM Expo diikuti 100 stan dari berbagai wilayah di Jawa Timur, memberi sinyal kuat bagi para TKM binaan, bahwa Kemnaker masih memikirkan dan memfasilitasi mereka untuk berkembang. 

"TKM Expo bagi para kelompok TKM Binaan ini, merupakan kesempatan berharga sebagai sarana promosi produk usaha,  meningkatkan jejaring antar UMKM serta rangkaian kegiatan selama kegiatan Festival TKM," ujarnya.

Di puncak acara penutupan TKM Expo, ia juga meluncurkan Jangkar Wirausaha Nusantara (JAWARA)  bertujuan untuk membentuk sociopreneurship pada anggotanya. Peluncuran Jawara ditandai dengan penyerahan pataka (bendera) Jawara kepada Ketua Umum Jawara, Lukman Prabowo.

Sociopreneurship merupakan suatu konsep kewirausahaan yang berorientasi pada keuntungan dan dampak sosial positif. "Bagi warga Mojokerto yang ingin berwirausaha bisa menghubungi Jawara," katanya.


Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah-Humas Menaker RI for Disway Mojokerto-

Sementara Staf Khusus Menaker, Titik Masudah memberi apresiasi Kadisnaker Kabupaten Mojokerto dan seluruh pihak hadir di TKM EXPO. Sekecil apapun kontribusi akan memberikan dampak luar biasa bagi pengembangan TKM untuk menjadi wirausaha tangguh dan mengurangi angka pengangguran serta menciptakan ekosistem kewirausahaan yang baik.

"Jangan pernah berhenti memfasilitasi peningkatan kompetensi para TKM, agar memiliki daya juang tangguh, berdaya saing dan mampu menjadi penyedia lapangan kerja secara berkelanjutan," tambahnya.

Perlu diketahui Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Expo tahun 2023 dengan tema ‘Fantastik Festival’ berlangsung pada 22-23 Desember 2023 di Stadion Gelora Gajah Mada, Mojosari, Mojokerto.  

Pada rangkaian kegiatan TKM Expo Kemnaker RI tahun 2023 ini juga dimeriahkan dengan penampilan group musik D’Masiv. Selain itu, terdapat pula pasar rakyat, temu raya TKM, kuliner dan hiburan dari Arlida Putri, Kelik serta Cak Percil. Ada juga Senam Zumba dan fun game dengan berbagai hadiah doorprize menarik. (*)

Sumber:

b