Polisi Air Wonosalam Impikan Capres 2024 Seperti Aquaman Bisa Jaga dan Lindungi Sungai Indonesia

Polisi Air Wonosalam Impikan Capres 2024 Seperti Aquaman Bisa Jaga dan Lindungi Sungai Indonesia

Surat Gen Z untuk calon presiden 2024. (Foto : Fio Atmaja)--

Jombang, Mojokerto.disway.id - Problem lingkungan di Wonosalam, Jombang menjadi topik pembahasan beberapa komunitas pegiat lingkungan.

Seperti halnya Komunitas Polisi Air Wonosalam memimpikan calon presiden (Capres) 2024 seperti Aquaman yang bisa menjaga sungai dan melindungi Sungai Indonesia.

Dalam diskusi dilakukan 20 orang anggota Polisi Air Wonosalam bersama River Warrior ditepi Sungai Gogor Wonosalam, Minggu (14/1/2024). Mereka meninventarisasi problem lingkungan di Wonosalam Jombang.
Surat Gen Z untuk calon presiden 2024. (Foto : Fio Atmaja)--

Ada dua problem utama dalam pembahasan yakni, kerusakan hutan akibat penebangan yang berdampak pada surutnya mata air dan pembuangan sampah sembarangan, bahkan ditemukan banyak sampah plastik di sungai

"Masih banyak penduduk di Wonosalam membuang sampah ke sungai, cletong (kotoran sapi) juga tanpa diolah langsung dibuang ke sungai" ungkap salah satu pelajar Kelas 8 SMPN 1 Wonosalam, Gita.

Gita berharap presiden 2024 untuk melakukan pengolahan sampah agar penduduk tidak buang sampah ke sungai.

Direktur Ecoton, Prigi Arisandi menambahkan, krisis Iklim tak dapat respon, Gen Z Gresik dan Sidoarjo kirim surat protes 3 capres.
Surat Gen Z untuk calon presiden 2024. (Foto : Fio Atmaja)--

"Isu krisis iklim dan kerusakan lingkungan terutama sampah plastik tidak mendapat porsi utama visi-misi capres, maka dengan itu beberapa Gen Z mengirim surat protes 3 capres," imbuhnya.

Padahal banyak fakta kerusakan lingkungan sedang terjadi di Indonesia, diantaranya

1. Indonesia penyumbang sampah plastik terbesar kedua kelautan Global, bahkan sampah plastik dari pulau Jawa ditemukan ngalir sampek ke Afrika
2. Sungai-sungai Indonesia tercemar mikroplastik
3. Indonesia menjadi negara dengan lonjakan emisi karbon tertinggi di Dunia
4. Kepunahan ikan air tawar tercepat di Asia Tenggara
5. Jakarta menjadi kota paling tercemar udaranya di Dunia


--

Sementara itu, Aeshnina Azzahra Aqilani, siswa kelas XI anggota river warrior bagian dari Gen Z gerah dan ingin agar problem lingkungan ditangani serius oleh Capres.

Sejak September 2023 Aeshnina mengajak gen Z indonesia untuk identifikasi problem lingkungan dan usulkan ide atau harapan untuk capres.

"Hari ini bersama Polisi Air SMPN 1 Wonosalam menuliskan surat diatas kertas ukuran 2 meter lebar 70 cm, akan kami tuliskan harapan-harapan gen Z untuk Capres agar problem lingkungan dihandle serius" ungkap

Disis lain Carissa Farah amelya siswi kelas 8 SMPN 1 Wonosalam, mengungkapkan bahwa surat-surat yang dikumpulkan dari Gresik, Jombang, Mojokerto, dan Sidoarjo akan dikirimkan kepada 3 capres 2024.

"Menulis surat adalah cara kami sebagai gen Z agar aspirasi didengarkan dan dinotice oleh Calon Presiden 2024" tandasnya.

Sumber:

b