HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Umroh dan Haji, Kuatkan Niat

Umroh dan Haji, Kuatkan Niat

Edukasi pemantaban niat umroh dan haji di Baradjawa coffee-Mozaik for Disway Mojokerto-

Haji dan Umroh, Kuatkan Niat, Insya Allah Berangkat

 

Surabaya, mojokerto.disway.id - Menunaikan ibadah haji maupun umroh merupakan idaman setiap muslim. Karena selain merupakah rukun islam ke lima, ibadah yang sekaligus mengunjungi baitullah itu juga mempunyai banyak keistimewaan.

‘’Karena kita bisa menunaikan ibadah sholat langsung di baitullah,’’ kata ustadz H Andri Hermawan.

Hal itu disampaikan Ustadz H Andri Hermawan saat edukasi memantabkan niat berhaji dan umroh di Baradjawa Coffee, Surabaya, minggu lalu.

Hanya saja, masa-masa sekarang ini untuk bisa menunaikan ibadah haji memerlukan waktu lama. Bisa sampai bertahun-tahun bahkan puluhan tahun. 

Karena itu, perlu niat dan kesabaran khusus sambil menunggu kesempatan berangkat sesuai jadwal. ‘’Memang panggilan haji mutlak hak Allah, dan semuanya atas kehendak Allah. Kita semua hanya sebatas berusaha saja,’’ tambahnya.

Dijelaskan bahwa jamaah haji yang daftar dari Indonesia memang sangat banyak, sehingga antriannya juga sangat panjang. Apalagi saat ini biaya haji juga lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. 

Panjangnya masa antri keberangkatan perlu disikapi dengan bijaksana. Ada juga yang menempuh berbagai upaya dilakukan agar bisa segera berangkat menunaikan ibadah haji. 

Karena itu, Ustadz H Andri Hermawan menambahkan, kalau sudah ada niat hendaknya diperkuat dengan doa dan usaha. 

‘’Mungkin sudah ada yang mendaftar dan sudah mendapat nomor porsi, tinggal nunggu jadwal pemberangkatan. Tapi saat ini bisa jadi jadwalnya masih lama,’’ tuturnya.

Karena itu, tambahnya, sambil menunggu jadwal pemberangkatan, bisa lebih menyiapkan diri. ‘’Karena ibadah haji juga memerlukan fisik, stamina, dan mental yang kuat,’’ sahutnya.

Untuk menyiapkan fisik, harus banyak latihan dan olahraga. ‘’Selain itu juga harus menyiapkan mental dan kesabaran,’’ tuturnya lagi. 

Sebab saat menjalankan ibadah haji bercampur dengan berbagai jamaah dari daerah bahkan negara lain yang kemungkinan perilaku dan kebiasaannya juga sangat berbeda. Juga suasana di Mekkah sangat berbeda dengan di tanah air. ‘’Jadi memang butuh persiapan, baik fisik maupun mental,’’ tuturnya.

Sementara itu, ditemui secara terpisah, H Erik Setiawan, dari PT Pesona Mozaik, salah satu biro perjalanan haji dan umroh di Sidoarjo, mengatakan, salah satu faktor penentu keberangkatan haji memang diawali dari niat. ‘’Kalau sudah ada niat, terus dimantabkan dengan berbagai usaha, insya Allah bisa terlaksana,’’ tuturnya.

Erik juga menambahkan, pihaknya berusaha memberikan berbagai alternatif pilihan, baik itu untuk berangkat umroh ataupun haji. Baik itu masalah pembiayaan, maupun program lainnya. 

Mengenai ibadah haji, ada pilihan haji furoda maupun haji plus. Pihaknya juga memberikan pilihan untuk umroh. 

‘’Kalau umroh, ada pilihan umroh reguler, plus ke Masjid Al Aqsa, atau ke Turki maupun Dubai,’’ paparnya.

Mengenai pembiayaan, Erik menjelaskan, ada beberapa pilihan pembiayaan. Ada pembiayaan mandiri, ada juga dana talangan. ‘’Kami juga didukung perbankan seperti Bank Muamalat. Insya Allah tidak memberatkan para calon jamaah,’’ jelasnya. 
Saat ini pihaknya mempersiapkan keberangkatan umroh plus Dubai yang menurut rencana diberangkatkan awal Oktober. ''Insya Allah besok Sabtu (23/9/2023) Kami juga akan memberikan manasik kepada calon jamaah sebelum keberangkatan,'' tuturnya kemarin.

Untuk informasi lebih lanjut, tambah Erik, bisa hubungi Ria, 08113385589, CS Mozaik Tour and Travel Sidoarjo. (*)

Sumber:

b