HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Terdampak Banjir Luapan, Pengunjung Rustic Market Pacet dievakuasi

Terdampak Banjir Luapan, Pengunjung Rustic Market Pacet dievakuasi

Proses evakuasi dilakukan tim gabungan.-Dok. Humas Polres Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Akibat terdampak banjir luapan Sungai Pikatan, puluhan pengunjung di Rustic Market Rock Riverside, Dusun Mrasih, Desa Kemiri, Pacet, Mojokerto dievakuasi tim gabungan, Sabtu (9/3/2024).

Tidak hanya pengunjung wisata Rustic Market, 26 orang pendaki Bukit Cendano juga dievakuasi. Evakuasi tersebut dalam rangka antispasi terjadinya korban jiwa. 

"Sebelumnya, Sabtu (9/3) sekitar pukul 12.00 WIB wilayah mojokerto.disway.id/listtag/1322/pacet">Pacet dilanda hujan lebat disertai angin kencang," terang Humas Polres mojokerto, Iptu Abdul Wahib, Minggu (10/3/2024).


Kondisi Rustic Market Rock Riverside saat tersampak luapan Sungai Pikatan di Pacet. -Tangkapan Layar Video -

Pada saat bersamaan, pihak Polsek Pacet beserta anggota melaksanakan patroli wilayah melakukan pengecekan debit air sungai yang mengalami peningkatan signifikan. 

"Guna antisipasi terjadinya bencana alam dan korban jiwa, Kapolsek Pacet menghubungi beberapa pengelola tempat Wisata atau pendakian yang di mungkinkan terjadi bencana," bebernya.

Pada pukul 16.30 WIB, petugas gabungan dari Forkopimca Pacet, polisi, TNI, Pemdes Kemiri, tenaga kesehatan, karang taruna, Perhutani, Tahura R Soerjo, serta warga setempat melakukan evakuasi pengunjung wisata Rustic Market Rock Riverside berada di pinggir Sungai Pikatan melalui jalur Desa Wiyu.

"Karena jalur di Dusun Mrasih tidak bisa dilewati (debit air sungai meningkat). Evakuasi dengan mobil pikap dan 30 orang pengunjung dibawa ke Balai Desa Kemiri untuk penampungan sementara," ujarnya.

Adapun rincian 30 orang pengunjung Rustic Market dievakuasi yakni, laki - laki dewas 19 orang, anak- anak 7 orang, karyawan Rustic 15 orang.  'Semua dalam keadaan aman, lengkap dan sehat," ungkapnya.

Selang beberapa jam, pada pukul 18.30 WIB, petugas gabungan juga melakukan evakuasi pendaki Bukit Cendono sebanyak 26 pendaki terdiri dari 9 pria dan 17 wanita.

"Pendaki juga diangkut dengan pikap ke balai Desa Kemiri. Saat ini, semua wisatawan sudah pulang ke rumah masing-masing," ujarnya ,(*)

Sumber:

b