Dikbud Kota Mojokerto Alokasikan Rp 2,1 Miliar untuk Bantuan Seragam Gratis Peserta Didik Baru 2024

Dikbud Kota Mojokerto Alokasikan Rp 2,1 Miliar untuk Bantuan Seragam Gratis Peserta Didik Baru 2024

Panitia dari Dikbud Kota Mojokerto saat melakukan verifikasi dokumen di pusat server PPDB tahun 2023 di SMPN 1 Kota Mojokerto. -Foto : Fio Atmaja-

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,1 miliar untuk pengadaan bantuan kain seragam gratis peserta didik baru 2024.

"Seragam gratis untuk siswa jenjang SD maupun SMP negeri sederajat. Bantuan setelan kain seragam diberikan kepada siswa dinyatakan resmi diterima berdasarkan hasil penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2024," terang Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mojokerto Ruby Hartoyo, Senin (29/4/2024). 


Pemkot Mojokerto alokasikan 2,1 miliar untuk bantuan seragam gratis-Foto : Fio Atmaja-

Ruby menjelaskan, bantuan tersebut untuk masing - masing siswa akan dijatah sebanyak tiga jenis seragam. Terdiri dari kain seragam nasional, seragam khas Kota Mojokerto, serta setelan pramuka. "Setelan tersebut sama seperti tahun sebelumnya," katanya.

Jumlah peserta didik yang akan disasar bantuan disesuaikan diestimasikan sebanyak 3.484 siswa dengan rincian untuk SD negeri dari 49 rombongan belajar (rombel) dibuka pada PPDB tahun ini ada 1.372 kursi di bangku kelas I. 

Sedangkan, untuk SMP negeri dari 66 rombel, total ada 2.112 kursi. Kuota tersebut sesuai dengan pagu dibuka PPDB 2024 di SD dan SMP negeri se-Kota Mojokerto. Sehingga, total kebutuhan kain seragam sebanyak 10.452 setel.


Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mojokerto Ruby Hartoyo. -Foto : Fio Atmaja-

Pengadaan kain seragam sekolah kini sudah diproses di e - katalog. Target akan disalurkan sebelum tahun ajaran 2024/2025 Juli mendatang. ’’Sudah proses kontrak. Setelah daftar ulang, kami upayakan seragam sudah disalurkan," tambahnya.

BACA JUGA:Ning Ita Minta Jajaran Pendidikan Bersinergi Gali Kearifan Lokal

BACA JUGA:Jelang PPDB Online 2024/2025, Pj Wali Kota Mojokerto Himbau Lakukan Mitigasi Sejak Awal

Bantuan seragam gratis bukan hanya untuk lembaga negeri, namun akan menyasar siswa baru di SD dan SMP swasta. Saat ini dikbud belum mendapatkan data dari masing-masing sekolah terkait jumlah kursi dibuka pada PPDB tahun ini. (*)

Sumber:

b