HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Bupati Mojokerto Tekankan Setiap Sekolah Wajib Laksanakan Program Trias UKS

Bupati Mojokerto Tekankan Setiap Sekolah  Wajib Laksanakan Program Trias UKS

Peserta pembinaan guru pendamping UKS di sekolah dan madrasah berpose bersama Bupati Ikfina Fahmawati-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto-

Bupati mengatakan, agar para guru dapat mengawasi dan memastikan seluruh siswinya meminum tablet tambah darah secara rutin disetiap minggunya.

"Tablet tambah darah ini penting sekali tidak hanya untuk hubungannya dengan stunting, tetapi juga bagaimana remaja putri bisa menangkap semua pelajaran yang diberikan, karena otak kita itu tidak bisa kalau tidak ada oksigen. sementara yang mengantar oksigen dan nutrisi ke otak itu hanya sel darah merah," ujarnya.

Sementara itu, terkait pembinaan lingkungan sehat Bupati Ikfina mengimbau agar setiap sekolah dapat mengelola sampah dan limbah air secara baik.

"Jadi bagaimana lingkungan itu dalam kondisi bersih tidak hanya masalah sampah tetapi juga pengelolaan limbah," ujarnya.

Sehingga untuk menyukseskan program Trias UKS/M demi mewujudkan sekolah atau madrasah sehat, Bupati Ikfina berpesan agar setiap puskesmas dapat memberikan pembinaan dan pendampingan di UKS/M masing-masing sekolah untuk memberikan literasi kesehatan.

"Ini adalah untuk kita menjaga kesehatan mereka semuanya, agar semua program disekolah ini juga berjalan dengan baik dan kedepannya mereka juga akan mendapatkan kondisi kesehatan yang baik," pungkasnya. (*)

Sumber:

b