HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Pj Wali Kota Mojokerto Ajak Anak Muda Wujudkan Pilkada Serentak yang Berkualitas

Pj Wali Kota Mojokerto Ajak Anak Muda Wujudkan Pilkada Serentak yang Berkualitas

DPD GMNI Jatim melakukan sosialiasi Pemilihan Serentak di Kota Mojokerto-Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro menyatakan, untuk mewujudkan sebuah negara yang kuat itu memerlukan jembatan, antara lain proses politik Pemilu. 

 “Untuk mewujudkan sebuah negara yang kuat itu ada bridgenya, jembatan yang paling dekat ini kita akan melaksanakan pemilihan kepala daerah baik Gubernur - Wakil Gubernur, Walikota - Wakil Wali Kota,  Bupati dan Wakil Bupati,” kata Ali Kuncpro saat membuka acara Refleksi Kemerdekaan dan Sosialisasi yang digelar oleh DPD Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jawa Timur bersama KPU Provinsi Jawa Timur di Sabha Kridatama Rumah Rakyat pada Senin (12/8). 

Saat membuka kegiatan yang mengusung tema Peran Generasi Muda Menyongsong Pilkada Serentak Berkualitas, sosok yang akrab disapa Mas Pj ini menekankan,  para pemuda harus tahu bagaimana berperan serta dalam Pemilu yang merupakan ornament legal untuk membelah persepsi masyarakat. 


Mas Pj Wali Kota Mojokerto memberi sambutan pada sosialisasi Pemilihan Serentak yang digelar oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jatim-Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

"Saya yakin masyarakat kita  cukup cerdas, bijaksana, harapan saya GMNI mampu mengedukasi masyarakat bahwa diperlukan pemimpin pemimpin yang hebat, pemimpin yang punya komitmen terhadap masyarakat kecil pemimpin yang punya gagasan yang luar biasa, pemimpin yang menjual visi misinya dan tidak menjual hanya pragmatism,” tegasnya.

Lebih lanjut Mas Pj mengatakan perpindahan ibu kota ke Penajam Paser Utara, Kalimantan akan memunculkan peradaban baru. “Kita berharap Nusantara nanti akan muncul sebuah peradaban baru yang mana betul-betul bisa membuat bangsa ini di tahun 2045 keluar dari middle income trap dengan para pemuda sebagai engine backbone-nya,” harap Mas Pj. 

Dalam kesempatan ini, Komisioner KPU Jawa Timur Divisi SDM dan Litbang Eka Wisnu Wardana mengajak para generasi muda anggota GMNI untuk berpartisipasi secara aktif untuk mengawal jalannya Pilkada serentak. 


Para peserta sosialiasi Pemilihan Serentak -Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

“Pantau proses Pilkada kali mulai dari proses awal sampai nanti penetapan, kawallah proses demokrasi, kawallah proses Pilkada  kali ini mulai dari awal sampai akhir mulai dari perencanaan anggaran,  sampai penetapan Pasangan calon terpilih. Pantau kawal dan cermati, buat kajian, ada sedikit melenceng buat asukan kritik dan saran,” kata Eka. 

BACA JUGA:KPU Kabupaten Mojokerto tetapkan DPS 847.618 pada Pilkada 2024, Tak Ada TPS Loksus

Ia menambahkan mahasiswa juga menjadi jembatan, yang mampu menberikan pendidikan politik khususnya terhadap kaum marhaen. ”Sasar sebagai sosialis, ajak mereka untuk mengerti untuk mau dan peduli pada Pilkada kali ini.  Berikan pemahaman  cara memilih bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota, Gubernur dan wakil Gubernur  dengan tepat sesuai dengan hati nurani, bahwa satu suara menentukan 5 tahun yang akan datang,” pesannya. 

BACA JUGA:Jumlah Daftar Pemilih Sementara untuk Pilkada di Kota Mojokerto sebanyak 105.397

Pada sosialisasi tersebut turut hadir menjadi narasumber antara lain Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Mojokerto, Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Kota Pasuruan, serta Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Kota Kediri. (*)

 

Sumber:

b