HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

ITS Surabaya Launching Mobil Mark 4.0 Anargya Electrik Vehicle

ITS Surabaya Launching Mobil Mark 4.0 Anargya Electrik Vehicle

Peluncuran Mobil Mark 4.0 Anargya ITS Electric Vehicle (EV) Team, di Balai Pemuda, Surabaya, Selasa (20/8/2024).-Foto : Dinas Kominfo Jatim-

Surabaya, diswaymojokerto.id - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melauncing mobil listrik atau Grand Launching Mobil Mark 4.0 Anargya ITS Electric Vehicle (EV) Team, di Balai Pemuda, Surabaya, Selasa (20/8/2024). 

Peluncuran tersebut dilakukan untuk mempersiapkan Tim Formula EV Anargya ITS mengikuti perlombaan Formula Student Automotive Engineer (FSAE) di Jepang tahun 2024 pada September mendatang.

Peluncuran dilakukan oleh Direktur Kemahasiswaan ITS, Imam Abadi, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian Agus Muhamad Hatta, perwakilan Pemkot Surabaya, Polri, dan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

Direktur Kemahasiswaan ITS, Imam Abadi menyampaikan, peluncuran mobil listrik Mark 4.0 Anargya ITS EV Team ini menjadi sejarah baru, karena sudah melahirkan electric vehicle atau kendaraan listrik baru yang akan dilombakan pada ajang internasional di Jepang.

"Mobil listrik Mark 4.0 di ITS memiliki tim unggulan dan semuanya sudah berlaga di kompetisi internasional untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasiona, mudah-mudahan nanti bisa membawa juara satu pada 7 september 2024," tutur Imam.

Selain menjuarai tingkat nasional dan internasional, Imam mengatakan, Tim Formula EV Anargya ITS yang bergabung terdiri dari hampir seluruh departemen teknik maupun elektro di ITS.

"Semuanya bisa bersatu padu didukung oleh departemen yang lain, dari departemen teknik elektro, teknik mesin, dan sebagainya. Sebentar lagi Anargya ini akan berlomba dan bergerak di Jepang. Semoga semangat 10 November memberi kekuatan dan memenangkan perlombaan nanti," kata Imam.

Imam berpesan, karena tim ini adalah satu-satunya dari Indonesia, maka Ia mengajak supaya mendoakan bersama. "Agar kita bisa menorehkan sejarah baru sebagai juara dunia di negeri sakura. Bismillah semoga berhasil," pesan Imam.


Tim Formula EV Anargya ITS saat press conference usai peluncuran Mobil Mark 4.0 Anargya ITS Electric Vehicle (EV) Team, di Balai Pemuda, Surabaya, Selasa (20/8/2024)-Foto : Dinas Kominfo Jatim-

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang IV ITS, Agus Muhammad Hatta menyampaikan, sejarah kendaraan listrik yang ada di ITS ini ternyata sudah cukup lama. Menurutnya, kalau disusuri kendaraan listrik telah dikembangkan di ITS sejak 30 tahun lalu.

"Di tempat dan bulan yang baik ini, kami memohon ridho mendoakan apa yang dilakukan semuanya, khususnya Tim Formula EV Anargya ITS untuk mengikuti perlombaan FSAE di Jepang nanti," ujar Agus.

Formula SAE (FSAE) adalah sebuah kompetisi mobil formula tingkat internasional yang diselenggarakan untuk tingkat mahasiswa. EV atau kendaraan listrik, merupakan salah satu kategori dalam kompetisi FSAE yang diikuti mahasiswa ITS.

BACA JUGA:Mendag RI Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis di SMAN 1 Puri Mojokerto

BACA JUGA:Pemkab Mojokerto Gandeng Baznas Luncurkan 8 Program Bantuan Mustahik

Sumber:

b