HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Situs Kumitir di Mojokerto Kembali Diekskavasi

Situs Kumitir di Mojokerto Kembali Diekskavasi

Ekskavasi Situs Kumitir kembali dilanjutkan-Foto : Fio Atmaja-

Mojokerto, Diswaymojokerto.id - Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI melanjutkan ekskavasi tahap kelima di Situs Kumitir, yang terletak di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kabupaten Mojokerto. 

Situs ini diduga merupakan bekas istana Bhre Wengker, salah satu tokoh penting Kerajaan Majapahit. Ekskavasi kali ini akan mencakup penggalian di empat titik dengan luas 500 meter persegi.

Ketua Tim Ekskavasi, Muhammad Ichwan menjelaskan, pekerjaan ekskavasi akan berlangsung selama 23 hari, dimulai dari persiapan pada 17-19 September 2024, dan penggalian penuh pada 20 September hingga 9 Oktober 2024. 


Situs Kumitir terletak di Kecamatan Jatirejo, Mojokerto-Foto : Fio Atmaja-

Sasaran utama adalah menampakkan bagian-bagian talud yang belum terungkap dalam ekskavasi sebelumnya, seperti sisi barat, utara, timur, dan selatan area depan makam Mbah Saguh yang diduga memiliki struktur penting.

"Sasaran kami adalah menampakkan bagian-bagian talud belum terlihat. Secara denah sudah terlihat, namun ada beberapa bagian yang belum tertampakkan, dan itu yang akan menjadi fokus kami," ujarnya, Jumat, 20 September 2024. 

BACA JUGA:Dua Pekerja di PT New Hope Meninggal Akibat Jatuh dari Ketinggian 15 Meter

BACA JUGA:Tinggal Seorang Diri, Lansia di Mojokerto Ditemukan Meninggal Dunia di Rumahnya

Area yang digali mencakup tanah telah dibebaskan oleh BPK Wilayah XI, dengan struktur situs sudah dapat direkonstruksi. 


Kondisi Situs Kumiter berada di barat-Foto : Fio Atmaja-

Area diekskavasi berbentuk persegi panjang dengan dimensi 300 meter dari barat ke timur dan 200 meter dari utara ke selatan. Penggalian ini menggunakan metode grid. 

Dalam eskavasi ini, tim teknis terdiri dari 25 orang, dengan bantuan 25 pekerja lapangan (penggalih) yang juga melibatkan warga sekitar. 

BACA JUGA:KPU Kota Mojokerto Tetapkan Jumlah DPT Pemilihan Sebanyak 105.313

BACA JUGA:KPU Kabupaten Mojokerto Tetapkan 845.655 Pemilih dalam DPT Pilkada Serentak 2024

Sumber:

b