HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

DPU Pengairan Banyuwangi Bangun Rumah Pompa Penguras Banjir

DPU Pengairan Banyuwangi Bangun Rumah Pompa Penguras Banjir

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama Guntur Priambodo saat meninjau lokasi rawan banjir di Kampung Lebak.--

BANYUWANGI, mojokerto.disway.id - Dinas PU Pengairan Kabupaten Banyuwangi segera mendirikan rumah pompa air. Langkah itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi banjir saat musim penghujan.


Rencananya rumah pompa air tersebut akan didirikan di Kampung Lebak, Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan Banyuwangi, karena dilokasi tersebut merupakan wilayah rawan banjir saat musim penghujan.

Hal itu disampaikan Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani bersama Dinas PU Pengairan saat meninjau lokasi rawan banjir di wilayah Kampung Lebak, Rabu (1/11/2023).

"Hari ini kita melakukan evaluasi lapangan dalam mitigasi bencana banjir," ujar Ipuk.

Menurutnya, di wilayah Kampung Lebak ini segera bangun dua rumah pompa air, sebagai antisipasi apabila terjadi banjir airnya dapat langsung dikuras dengan menggunakan pompa.

Sementara, Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo menambahkan, pompa air yang segera dibangun tersebut memiliki kapasitas penyedot air masing-masing sebesar 50 liter per detik.

"Pompa-pompa ini dilengkapi dengan pipa isap berdiameter 8 dim, yang memungkinkan untuk mengatasi genangan air di Kampung Lebak dalam waktu kurang dari 3 jam saat musim penghujan," jelasnya.

Guntur menyebut evaluasi lapangan ini untuk melihat progres pembangunan pompa penguras banjir tersebut agar bisa segera terealisasi.

Dengan dibangunnya rumah pompa air ini, Guntur berharap dapat membantu menguras luapan banjir dengan cepat dan efisien.

Sumber:

b