HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Usai Karhutla, Keberadaan Situs Sejarah di Penanggungan Dipastikan Aman

Usai Karhutla, Keberadaan Situs Sejarah di Penanggungan Dipastikan Aman

Situs cagar budaya Candi Wayang di Gunung Penanggungan. -Foto : Fio Atmaja-

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Beberapa situs - situs arkeologi di kawasan Gunung Penanggungan, Trawas, Kabupaten Mojokerto dipastikan aman saat kejadian kebakaran di Gunung Penanggungan sejak, Kamis (2/11/2023).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim menyampaikan bahwa keberadaan situs - situs bersejarah di Gunung Penanggungan dalam kondisi aman.

"Tim Perhutani dan relawan sudah melakukan penyisiran dan situs dalam kondisi aman," ucapnya, Sabtu (4/11/2023).

Khakim menjelaskan ada salah satu situs yang terbakar memang namun dalam kondisi aman, situs tersebut merupakan jalur purba menuju puncak Gunung Penanggungan.

"Situs tersebut berupa jalur setapak dengan pola zig zag dan melingkar Gunung Penanggungan," ujarnya.

Diketahui Gunung Penanggungan banyak memiliki ratusan situs peninggalan sejarah seperti, Candi Wayang, Candi Gajah Mungkur, Candi Kendalisada, Candi Siwa, Candi Kama, jalur purban yang melingkar dari Gunung Penanggungan

Seperti diberitakan sebelumnya, karhutla kembali terjadi di Gunung Penanggungan, Trawas, Kabupaten Mojokerto, Kamis (2/11/2023) sekitar pukul 14.20 WIB.

Saat ini kondisi api sudah padam namun beberapa tim gabungan yang masih berada di Gunung Penanggungan masih menyisir beberapa lokasi untuk memastikan api padam. "Diperkirakan luas area yang terbakar mencapai lebih dari 80 hektar," tambahnya. (*)

Sumber:

b