Update Kebakaran Hutan di Pegunungan Anjasmoro Mojokerto, Area Bukit Kencur Padam

Minggu 01-10-2023,21:08 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Sujatmiko

Mojokerto, mojokerto.disway.id - kebakaran hutan terjadi di Pegunungan Anjasmoro, blok Bukit Kencur dan blok Sigiran di Desa Kemiri, Pacet dan Desa Gumeng Gondang, Kabupaten Mojokerto sebagian sudah padam. Kebakaran ini terjadi pada, Sabtu (30/9/2023) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim mengatakan, sebagian dari kebakaran hutan sudah berhasil dipadamkan.

“Kebakaran di blok Bukit Kencur masuk wilayah administrasi Desa Kemiri, Kecamatan Pacet dipastikan padam sekitar pukul 04.00 WIB, Minggu, (1/10/2023),” ucapnya, Minggu (1/10/2023).

Sementara itu, kebakaran di blok Sigiran masuk Desa Gumeng, Kecamatan Gondang masih belum padam lantaran kondisi medan yang terjal dan cuaca berkabut.

Khakim menambahkan, akibat kebakaran hutan ini, aktivitas pendakian ke Bukit Cendana berada di deretan Bukit Kencur saat ini ditutup sementara sampai batas waktu yang ditentukan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di kawasan hutan yang terbakar untuk menghindari bahaya,” imbuhnya.

Sebelumnya 57 personil dari Tim gabungan terdiri dari petugas tahura, relawan, dan masyarakat peduli api telah berupaya untuk memadamkan api yang membakar ilalang dan semak belukar tersebut. Sedangkan penyebab kebakaran dan luas lahan terbakar ini masih belum dapat diketahui.

Kategori :