Bupati Ikfina Launching Aplikasi SIPUSWITA, Tingkatkan Literasi Perempuan dan Anak

Minggu 12-05-2024,06:45 WIB
Editor : Andung

 

 

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Bupati Mojokerto, dr Ikfina Fatmawati, M.Si, launching aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan Wabita dan Anak (SIPUSWITA). Hal itu sebagai upaya memberikan informasi terkait wanita dan anak yang dapat meningkatkan literasi masyarakat Bumi Majapahit.

BACA JUGA:Terjaring Razia, Tiga Bus Tidak Layak Jalan Kena Sidak Dishub Di Trowulan Mojokerto

Ikfina menjelaskan, SIPUSWITA adalah inovasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mojokerto. ''Untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat mendapatkan informasi, dimanapun, kapanpun, melalui genggaman tangan,'' katanya. 


Launching SIPUSWITA dihadiri ibu-ibu di Kecamatan Mojosari-Diskominfo Kabupaten Mojokerto for Disway Mojokerto-

Pada kegiatan yang dikemas dalam acara Halal Bihalal Paguyuban Eco Print Mojokerto di RM Arimbi, Mojosari, Sabtu 11/5/24 itu, Ikfina menyebutkan, SIPUSWITA sebagai wujud peningkatan pelayanan masyarakat. ''Salah satu yang menjadi tugas Disperka adalah menciptakan ruang dan tempat bagi masyarakat yang membutuhkan informasi literasi,'' sahutnya.

Disebutkan bahwa SIPUSWITA dapat menjadi rujukan untuk menambah wawasan masyarakat. ''Karena segala informasi yang diberikan dalam aplikasi tersebut dapat dipertanggungjawabkan validitasnya,'' tuturnya. 


Launching SIPUSWITA sebagai aplikasi yang menyediakan informasi literasi untuk perempuan dan anak-anak juga akan disosialisasikan bersama -Diskominfo Kabupaten Mojokerto for Disway Mojokerto-

Dengan SIPUSWITA, tambahnya lagi, kita bisa menyajikan informasi yang bisa dipertanggung jawabkan. ''Kalau anak-anak kita remaja putri ingin belajar terkait reproduksi, atau seksualitas, namun tidak menyediakan sumber bacaan yang bisa dipercaya, ini akan jadi masalah,'' sahutnya.

BACA JUGA:Kembalikan Formulir Pendaftaran, Petahana Ikfina Maju Pilkada Mojokerto Lewat PDIP

Anak-anak remaja putri itu, tuturnya, akan mencari dari sumber lain yang dianggapnya baik. ''Dia akan googling, yang kita tahu bahwa di dunia maya banyak informasi yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan dan banyak hoaks, ini bisa sangat bahaya,'' tandasnya.

Selain itu, aplikasi SIPUSWITA memberikan segala informasi terhadap perempuan dan anak. Sehingga dapat menekan terjadinya permasalahan sosial remaja seperti pernikahan anak usia dini hingga pergaulan bebas.


''Karena itu kita buatkan khusus, sehingga kalau kita ingin sesuatu yang berhubungan dengan perempuan atau seorang ibu yang ingin tahu informasi tentang anak-anak nanti, kita bisa langsung masuk ke SIPUSWITA,'' tandasnya. 

Kalau ada hal khusus dan kemungkinan menyajikan sesuatu yang menurut kita agak vulgat, namun bisa dipertanggungjawabkan. ''Jadi, khusus kalau memang menyajikan hal yang agak vulgar, tidak apa-apa. Toh ini khusus untuk perempuan dan anak,'' ujarnya.



Kategori :