Kawasan Segitiga Emas Jadi Atensi Pemkab Mojokerto Untuk Pengembangan Transportasi Umum

Rabu 09-10-2024,19:14 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Elsa Fifajanti

Mojokerto, Diswaymojokerto.id - Kawasan segitiga emas pariwisata meliputi Trawas, Pacet, dan Trowulan mendapat atensi dari Pemkab Mojokerto untuk pengembangan layanan transportasi umum. 

Hal ini seiring dengan rencana trayek transportasi umum rute Mojokerto - Pandaan (Pasuruan) yang kini sedang dalam kajian. 

Terlebih saat ini di Mojokerto sendiri sudah ada tiga angkutan umum terlebih dahulu sedang beroperasi, yakni Bus Trans Jatim Koridor II Mojokerto - Surabaya, Bus Trans Jatim Koridor III Mojokerto - Bunder (Gresik). Selain itu ada trayek transportasi AKDP Mojokerto-Batu rute Cangar.

"Kami berharap agar seluruh wilayah Mojokerto memiliki akses angkutan umum dapat dirasakan oleh masyarakat, terutama di wilayah segitiga emas seperti Trawas, Pacet, dan Trowulan," terang Kepala DPRKP2 Kabupaten Mojokerto, Rachmat Suharyono, Rabu, 9 Oktober 2024. 


Salah satu trayek transportasi AKDP Mojokerto-Batu rute Cangar melewati kawasan Pacet. -Foto : Fio Atmaja-

Menurutnya, upaya tersebut juga untuk menghidupkan semua angkutan transportasi umum di Mojokerto, dengan harapan bisa menunjang perekonomian dan kemudahan masyarakat. 

"Ketika jalur di Mojokerto sudah terkoneksi semua, harapannya nanti akan ada trayek baru seperti Trans Jatim Mojokerto - Pasuruan lewat Pungging, dan Mojokerto - Lamongan," katanya. 

Usulan tersebut dinilai sejalan dengan visi - misi Dishub Jatim sendiri sedang gencar mengembangkan jaringan transportasi di daerah yang belum ada trayek angkutan umumnya. 

Sebelumnya, rencana trayek angkutan umum rute Mojokerto - Pandaan (Pasuruan) kini tengah dalam proses kajian. Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Perhubungan (DPRKP2) Kabupaten Mojokerto sedang menyusun konsep tersebut, dengan melibatkan konsultan pihak ketiga.


Armada bus Trans Jatim-Foto : Istimewa-

"Kami akan melibatkan pihak ketiga dalam pembuatan kajian ini, sekaligus menyambut respon dari provinsi atas permohonan kami sebelumnya terkait Trayek Trans Jatim di wilayah Mojokerto," ujarnya. 

Kajian ini bertujuan untuk mendukung keberadaan Trans Jatim, terutama di daerah wisata. Pihaknya akan menciptakan trayek pengumpan (feeder) yang akan mendukung trayek utama Trans Jatim.

Terkait rute yang direncanakan, survei awal mengusulkan jalur Terminal Kertajaya Kota Mojokerto, Mojosari, Trawas, Prigen , Pandaan. 


Bus Trans Jatim koridor III rute Mojokerto - Gresik (Bunder). -Foto : Fio Atmaja-

"Rute seperti survei awal belum ada perubahan nanti mungkin ketika provinsi sudah berfokus pada Mojokerto pasti nanti ada kajian lanjutan lagi," bebernya. 

Kategori :