Dampak Jalur Terdampak Banjir di Semarang, Sejumlah Kereta Daop 8 Surabaya Masih Dialihkan

Rabu 29-10-2025,17:48 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Elsa Fifajanti

KAI juga memfasilitasi pembatalan penuh bagi pelanggan yang perjalanannya dialihkan rute memutar. Selain itu, kompensasi makanan dan minuman diberikan bagi yang memilih tetap melanjutkan perjalanan.

Proses pengembalian tiket dapat dilakukan di loket stasiun yang menyediakan layanan refund langsung atau melalui transfer paling lambat 1 x 24 jam setelah pembatalan. Batas waktu proses pembatalan dan pengembalian bea adalah hingga tujuh hari dari tanggal dan jam keberangkatan yang tertera pada tiket.

KAI Daop 8 Surabaya juga memfasilitasi pembatalan bagi pelanggan yang perjalanannya dialihkan melalui rute memutar. Dalam kondisi tersebut, pelanggan dapat memilih untuk membatalkan perjalanan dan memperoleh pengembalian biaya tiket secara penuh.

Proses pengembalian dapat dilakukan di loket stasiun atau melalui Contact Center 121. Pengajuan klaim dapat dilakukan hingga maksimal H+7 dari tanggal keberangkatan. Sementara itu, untuk pengembalian bea akibat turun kelas pelayanan, proses hanya dapat dilakukan melalui loket stasiun.

BACA JUGA:UMK untuk Dua Bulan Terakhir 2025 Naik, Kabupaten Mojokerto Termasuk

BACA JUGA:Kapolri: Pers Mitra Strategis Polri, Sinergi Perlu Terus Dikuatkan

Selain fasilitas pembatalan, KAI Daop 8 Surabaya juga menyiapkan layanan kompensasi tambahan bagi pelanggan yang tetap melanjutkan perjalanan sesuai ketentuan yang berlaku, antara lain pemberian minuman dan makanan ringan untuk keterlambatan lebih dari tiga jam, serta tambahan makanan berat jika keterlambatan mencapai lebih dari lima jam.

Berdasarkan data hingga pukul 09.00 WIB, Rabu, 29 Oktober 2025, jumlah pelanggan yang telah membatalkan tiket di wilayah Daop 8 Surabaya mencapai 476 penumpang.

KAI mengimbau pelanggan untuk selalu memperbarui informasi perjalanan melalui Contact Center 121, WhatsApp 0811-222-33-121, email cs@kai.id, atau media sosial resmi @KAI121.

“Kami memohon maaf atas potensi keterlambatan akibat cuaca ekstrem. KAI terus berkoordinasi dan memonitor jalur demi perjalanan tetap aman dan andal,” pungkasnya.

Kategori :