Ning Ita Minta Jajaran Pendidikan Bersinergi Gali Kearifan Lokal

Senin 06-11-2023,16:47 WIB
Editor : Elsa Fifajanti

Mojokerto, Mojokerto.disway.id – Walikota Mojokerto Ika Puspitasari mengharap jajaran pendidikan di Kota Mojokerto memiliki keunggulan kompetitif berbasis kedaerahan. Ning Ita meminta Komite Sekolah bisa bersinergi dengan sekolah untuk menggali kearifan lokal.

 

“Untuk goal secara nasional tugas kita jelas suksesi 2045 Indonesia generasi emas. Kita harus memiliki keunggulan kompetitif, berbasis kedaerahan yang perlu kita gali dan kita jadikan goal spesifik pendidikan yang ada di Kota Mojokerto,” kata NIng Ita saat membuka Rakor Dewan Pendidikan dengan Komite Sekolah dalam rangka implementasi kebijakan pemerintah bidang pendidikan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto pada Senin (6/11/2023).

Ning Ita menyampaikan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang pendidikan sudah mencapai 99.8% yang artinya hampir seluruhnya terpenuhi. Meski Demikian ia menegaskan agar tidak berpuas diri hanya sebatas melaksanakan kewajiban.

“Jangan berpuas hanya bagaimana melaksanakan sebatas kewajiban, tapi kita gali potensi-potensi kearifan lokal untuk menjadi keunggulan kompetitif yang sifatnya spesifik, sifatnya tematik, sifatnya kedaerahan, kearifan lokal tapi ini unggul, maka inilah yang disebut inovasi, kita menjadi berbeda dengan yang lain,” tegas walikota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini.


Kepada para peserta rakor Ning Ita menegaskan tugas dan fungsi strategis komite sekolah dalam urusan pendidikan. “Komite sekolah fungsinya sangat strategis sebagai mitra urusan pendidikan. Komite sekolah tugasnya memberi pertimbangan kepada sekolah, sebagai pendukung dalam hal penyelelenggaraan pendidikan, sebagai kontroling yang fungsinya adalah pengawasan, serta berfungsi sebagai mediator,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kota Mojokerto, Didik Hoediono mengatakan, meski tidak ada hubungan hirarkis antara Dewan Pendidikan dengan Komite Sekolah, namun pihaknya mengharap tetap ada koordinasi untuk menguatkan Komite Sekolah

 

Kategori :