Inovasi Pelayanan Publik Pemkab Jember Jadi Rujukan Pemkab Sumenep.

Inovasi Pelayanan Publik Pemkab Jember Jadi Rujukan Pemkab Sumenep.

Rombongan Pemkab Sumenep dalan kunjungan di MPP Pemkab Jember, menjadi ajang silaturahmi dan penguatan antar organisasi perangkat daerah-Indra G M -Disway Mojokerto-

 

Jember, Diswaymojokerto.id – Strategi optimalisasi kinerja birokrasi serta penerapan inovasi pelayanan publik berbasis digital di Pemkab Jember menjadi rujukan Pemkab Sumenep. Hal itu terlihat saat kunjungan rombongan Pemkab Sumenep ke Mal Pelayanan Publik Kabupaten Jember, Kamis 20 November 2025.

Selain optimalisasi kinerja birokrasi dan pelayanan berbasis digital, penyusunan struktur organisasi perangkat daerah yang adaptif juga menjadi perhatian dalam kunjungan tersebut. Dalam kunjungan tersebut, rombongan Pemkab Sumenep diterima Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Pemkab Jember, Isnaini Dwi Susanti, S.H., M.Si,  bersama sejumlah OPD termasuk DPMPTSP Jember yang turut terlibat dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Dalam sambutannya, Isnaini juga menjelaskan berbagai kegiatan yang ada di Mal Pelayanan Piublik Pemkab Jember terintegrasi dalam satu sistem. ‘’Di Mal Pelayanan Publik ini kami menyajikan  akses layanan publik yang lebih mudah, cepat, tepat, efisien dan nyaman kepada masyarakat,’’ katanya.


Rombongan Pekmkab Sumenep diterima Pemkab Jember di Kantor Pemkab Jember sebelum mengunjungi MPP-dok DPMPTSP Kab Jember for Disway Mojokerto-

Disebutkan, sejumlah lembaga pemerintah dan organisasi pelayanan publik berkumpul di tempat tersebut sehingga masyarakat hanya datang ke satu lokasi untuk mendapatkan berbagai pelayanan. ‘’Mulai pengurusan dokumen kependudukan, pembayaran pajak, perizinan, kesehatan, pendidikan, konsultasi-konsultasi usaha dan masih banyak lagi layanan pengurusan dokumen resmi lainnya bisa ditemukan di mal pelayanan pbulik,’’ tambahnya.

BACA JUGA:Bandara Notohadinegoro Jember per 5 Desember 2025 Buka Rute Penerbangan Jember-Denpasar

Kunjugan rombongan Pemkab Sumenep di Pemkab Jember tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Sumenep, khususnya implementasi pelayanan seperti yang dilakukan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Jember. Dalam kunjungan tersebutm rombongan Pemkab Sumenep juga menjelaskan berbagai hal yang sudah dilakukan Pemkab Sumenep dalam pelayanan masyarakat.

Pertemuan yang melibatkan berbagai organisasi perangkat daerah tersebut menjadi ajang silaturahmi dan saling tukar informasi. Berbagai hal seperti tata kelola layanan publik, strategi peningkatan kulitas layanan, penguatan SDM pelayanan di masing-masing instansi juga menjadi materi diskusi menarik diantara rombongan Pemkab Sumenep dan tim dari Pemkab Jember.

Masing-masing organisasi perangkat daerah mempunyai sistem dan strategi menjadi komitmen melayani masyarakat. Sinergi lintas instansi juga menjadi diskusi menarik mulai pemaparan materi, sampai inovasi pelayanan dan penggunaan teknologi pendukung pelayanan bagi masyarakat.


Diskusi antara tim dari Pemkab Sumenep dengan petugas di MPP Pemkab Jember dalam kunjungan Pemkab Sumenep ke Jember-Indra G M -Disway Mojokerto-

Mall Palayanan Publik (MPP) Pemkab Jember menjadi fokus utama dalam kunjungan tersebut karena dinilai sebagai model pelayanan terpadu. Model pelayanan ini mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat melalui integrasi berbagai instansi dalam satu lokasi.

BACA JUGA:30 Orang Disabilitas di Jember Ikuti Lokakarya Pemberdayaan Disabilitas Lewat Pelatihan Inklusi

Pada kegiatan ini, rombongan Pemkab Sumenep berkesempatan untuk melihat langsung bagaimana pengelolaan MPP, bertukar informasi dengan petugas dari instansi yang ada di MPP, diskusi alur pelayanan dan fasilitas penunjang yang diberikan. Kunjungan dan diskusi dalam kunjungan di MPP antara rombongan Pemkab Sumenep dengan petugas tiap organisasi perangkat daerah yang ada di MPP juga menunjukkan kesiapan petugas dalam pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Isnaini, banyak hal yang menjadi materi diskusi selama kunjungan rombongan Pemkab Sumenep ke Pemkab Jember. ‘’Banyak masukan yang kami sampaikan terkait berbagai hal. Dan kami berharap kunjungan ini bukan hanya sekedar berbagi pengalaman antar pemerintah kabupaten, tetapi juga untuk memperkuat kerja sama antar daerah dalam mengembangkan pelayanan publik yang lebih inovatif dan responsive,’’ katanya usai menerima kunjungan rombingan Pemkab Sumenep.

Dia juga berharap dari kunjungan itu dapat memberikan gambaran yang dapat ditiru dan dimofikasi oleh Kabupaten Sumenep dalam memberikan pelayanan terbaiknya. ‘’Kunjungan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat komunikasi antara kami dengan pemkab Sumenep,’’ pungkasnya.

Sumber: