Polisi Amankan Puluhan Pemuda Pelaku Balap Liar di Mojokerto

Polisi Amankan Puluhan Pemuda Pelaku Balap Liar di Mojokerto

Petugas kepolisian saat emnagmankan aksi balap liar di Mojokerto. (Foto : istimewa)--

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Puluhan pemuda pelaku aksi balap liar diamankan anggota Satlantas Polres Mojokerto. Para pemuda ini diamankan beserta kendaraannya saat beraksi di Jalan Raya Desa Lengkong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, pada Minggu (18/11/2023) dini hari.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Mojokerto, Iptu Riski Galang, mengatakan bahwa patroli tersebut dilakukan karena adanya laporan dari masyarakat.

“Minggu (19/11/2023) pukul 00.00 WIB, dari laporan warga jika di daerah Lengkong (Kecamatan Trowulan) dan daerah RA Basoeni (Kecamatan Sooko) ada aksi balap liar. Kami kemudian melakukan patroli,” ungkapnya.

Saat tiba di lokasi, para pemuda baik ikut balap liar maupun hanya sebagai penonton kocar-kacir begitu melihat polisi datang. Sebagian dari mereka pun terjaring razia, meski ada juga yang lolos. Puluhan pemuda pelaku aksi balap liar ini digiring petugas dengan meminta membawa kendaraannya dengan berjalan kaki.

“Para pemuda masih berstatus pelajar tersebut kemudian diamankan beserta 11 kendaraan roda dua ke Mapolres Mojokerto untuk diberikan pembinaan. Adik-adik ini kami berikan pemahaman, edukasi supaya tidak mengulangi aksi balap liar tersebut. Tidak punya SIM, tidak memiliki surat-surat kendaraan, tidak menggunakan helm (pelanggaran). Untuk pengambilan barang bukti, kami menindak sesuai dengan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002,” ujarnya.

Aksi balap liar tersebut membuat resah masyarakat, lantaran bisingnya suara knalpot dari kendaraan para pelaku balap liar. Selain itu, kendaraan yang digunakan juga tidak sesuai spektek, seperti knalpot yang diganti sehingga menimbulkan suara bising.

“Kami akan rutin melaksanakan patroli setiap hari Jumat dan Sabtu malam. Ini dilakukan untuk mencegah aksi balap liar dan menekan angka kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Pihaknya menghimbau agar para orang tua memperhatikan kegiatan anak-anaknya jika keluar rumah. Selain itu, bahaya balap liar bisa mencelakai diri sendiri maupun yang hanya menonton serta pengguna jalan lainnya.

“Harapannya ke depan para pemuda lebih tertib, tidak melakukan aksi balap liar yang dapat merugikan pengguna jalan lain. Sehingga angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Mojokerto bisa ditekan,” tuturnya.

Sumber:

b